Ternyata Virus Korona Muncul Pertama Kali di Italia

    Fajar Nugraha - 17 November 2020 06:47 WIB
    Ternyata Virus Korona Muncul Pertama Kali di Italia
    Virus korona ternyata ditemukan pertama kali di Italia. Foto: AFP
    Milan: Para ilmuwan mengklaim bahwa virus korona beredar pertama kali di Italia pada awal September 2019. Hal ini ditemukan beberapa bulan sebelum kasus resmi muncul di Wuhan, Tiongkok.

    Menurut para ilmuwan di Italia, pasien dalam uji coba kanker ditemukan telah mengembangkan antibodi virus korona beberapa bulan sebelum kasus resmi pertama di Tiongkok.

    Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, covid-19 tidak diketahui sebelum wabah pertama kali dilaporkan di Wuhan, pada Desember. Beberapa bulan kemudian, kasus resmi pertama terdeteksi di Eropa.

    Namun, para ilmuwan di Italia mengatakan mereka telah menemukan bukti virus itu beredar lebih cepat dengan memeriksa sampel darah pasien yang mengambil bagian dalam studi kanker.

    Sampel dari empat pasien, sejak awal Oktober 2019, ditemukan mengandung antibodi, menurut temuan yang diterbitkan oleh Institut Kanker Nasional Milan (NCI).

    “Hasilnya berarti pasien tertular virus korona pada September,- sekitar lima bulan sebelum Italia mencatat pasien covid-19 resmi pertamanya pada 21 Februari,- di sebuah kota dekat Milan, di wilayah utara Lombardy,” sebut temuan NCI itu, seperti dikutip Sky News, Selasa 17 November 2020.

    Studi tersebut -,yang diterbitkan oleh majalah ilmiah NCI Tumori Journal,- menemukan bahwa 11,6 persen sampel darah dari 959 sukarelawan sehat, yang terdaftar dalam uji coba skrining kanker paru antara September 2019 dan Maret 2020, telah mengembangkan antibodi jauh sebelum Februari.

    Giovanni Apolone, rekan penulis studi mengatakan: "Ini adalah temuan utama: orang tanpa gejala tidak hanya positif setelah tes serologis, tetapi juga memiliki antibodi yang mampu membunuh virus.

    "Artinya, virus korona dapat beredar di antara populasi dalam waktu lama dan dengan tingkat kematian yang rendah bukan karena menghilang tetapi hanya melonjak lagi,” tegas Apolone.

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id