Serangan Teroris Tewaskan Enam Petugas Keamanan Tunisia

Willy Haryono - 09 Juli 2018 09:30 wib
Enam petugas keamanan Tunisia tewas dalam serangan ranjau di
Enam petugas keamanan Tunisia tewas dalam serangan ranjau di dekat perbatasan Bulgaria, 8 Juli 2018. (Foto: AFP)

Tunis: Enam anggota pasukan keamanan Tunisia tewas dalam sebuah "serangan teroris" yang terjadi di area perbatasan dengan Aljazair, Minggu 8 Juli 2018.

Kementerian Dalam Negeri Tunisia menyebut ini merupakan serangan paling mematikan di negara tersebut sejak dua tahun terakhir.

Kelompok militan al-Qaeda in the Islamic Maghreb (AQIM) mengklaim bertanggung jawab atas serangan pada Minggu malam. 

Serangan terjadi saat Tunisia menanti kedatangan turis menjelang musim wisata, setelah sektor pariwisata terpukul akibat serangkaian serangan teroris pada 2015. 

"Patroli perbatasan garda nasional di area Ain Sultan di provinsi Jenduba terkena ranjau darat yang menewaskan enam agen," ungkap pernyataan resmi Kemendagri Tunisia, seperti dikutip dari AFP.

Juru bicara Kemendagri Tunisia Jenderal Sufyan al-Zaq menyebut ledakan sebagai "serangan teroris" karena sejumlah militan menembaki pasukan keamanan usai ranjau meledak.

Usai ledakan, tambah al-Zaq, pasukan keamanan Tunisia dikerahkan untuk melakukan "operasi penyisiran." Sementara AQIM mengklaim serangannya telah menewaskan sembilan personel keamanan Tunisia.

"Kami sadar perang terhadap terorisme ini akan berlangsung lama," ungkap Pelaksana Tugas Mendagri Tunisia Ghazi Jeribi dalam pidato di televisi. "Kami akan masuk ke sarang (teroris) dan membalaskan dendam warga Tunisia," lanjut dia.


(WIL)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.