Pertama di Jazirah Arab, PLTN UEA Beroperasi Tahun Ini

    Willy Haryono - 18 Februari 2020 11:12 WIB
    Pertama di Jazirah Arab, PLTN UEA Beroperasi Tahun Ini
    PLTN Barakah di Abu Dhabi dapat memenuhi sekitar 25 persen dari total kebutuhan energi UEA. (Foto: AFP)
    Abu Dhabi: Reaktor pertama di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Barakah milik Uni Emirat Arab telah resmi mengantongi izin beroperasi. PLTN pertama di jazirah Arab tersebut dijadwalkan beroperasi tahun ini.

    Dilansir dari The National, izin beroperasi diberikan regulator kepada Nawah Energy Company, pihak operator PLTN Barakah. Wakil Ketua Otoritas Federal Regulasi Nuklir UEA Hamad al-Kaabi mengatakan, izin operasi PLTN Barakah berlaku hingga 60 tahun ke depan.

    Barakah, berdiri di dekat kota Ruwais di wilayah barat dari Abu Dhabi, adalah PLTN pertama di kawasan dan juga jazirah Arab.

    "Hari ini menandai lembaran baru dalam perjalanan kami menuju pengembangan energi nuklir yang damai," kata Sheikh Mohamed bin Zayed, Putra Mahkota Abu Dhabi yang juga menjabat Wakil Komandan Angkatan Bersenjata UEA, Senin 17 Februari 2020.

    "Seiring persiapan melindungi berbagai kepentingan kami untuk 50 tahun ke depan, kekuatan utama negara ini adalah talenta-talenta nasional," lanjutnya.

    PLTN Barakah di Abu Dhabi dibangun oleh perusahaan Korea Electric Power Corporation (KEPCO). Awalnya PLTN tersebut dijadwalkan dibuka pada 2017, namun pengoperasian reaktor pertamanya telah beberapa kali ditunda.

    "Ini merupakan momen bersejarah bagi UEA, yang menjadi negara Arab pertama di kawasan yang mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir," ucap Kaabi.

    "Pencapaian ini didapat berkat visi dan kepemimpinan UEA dalam membangun program energi nuklir demi memenuhi kebutuhan energi di masa mendatang," ungkapnya.

    Saat beroperasi dalam kapasitas penuh, empat reaktor PLTN Barakah dapat memenuhi sekitar 25 persen dari total kebutuhan energi UEA.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id