comscore

Bercengkrama dengan Prabowo, Menhan AS: Pembicaraan yang Produktif dan Jujur

Al Abrar - 10 Juni 2022 21:11 WIB
Bercengkrama dengan Prabowo, Menhan AS: Pembicaraan yang Produktif dan Jujur
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bercengkrama dengan Menhan Amerika Serikat (AS) Lloyd James Austin III, Jumat, 10 Juni 2022. Istimewa
Singapura: Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bercengkrama dengan Menhan Amerika Serikat (AS) Lloyd James Austin III, Jumat, 10 Juni 2022 di Singapura. Keduanya saling menyapa saat bertemu di Dutch Pavillion Hotel Shangri-La, Singapura.

Pertemuan ini meninggalkan kesan yang baik bagi Lloyd. Usai berbincang dengan Prabowo, ia pun mengunggah cuitan dan foto bersama Prabowo di Twitternya @SecDef.
“Pembicaraaan yang produktif dan jujur hari ini dengan Menteri Pertahanan Indonesia @prabowo tentang kekuatan hubungan pertahanan bilateral kita dan pandangan bersama kita tentang masalah keamanan regional dan internasional. #SLD22,” kata Austin dikutip dari Twitter @SecDef, Jumat, 10 Juni 2022.

Perbincangan santai antara kedua menteri ini diketahui diawali dengan saling bertegur sapa. Prabowo dalam keterangannya mengatakan bahwa Menhan Lloyd sambil bercanda mengatakan dirinya ingin mendengar Prabowo berpidato seperti saat dirinya memberikan opening speech di forum Institute for Strategic Studies (IISS) Manama Dialogue 2021 di Bahrain pada November 2021 lalu.

“Thank God, alhamdulillah kali ini saya tidak harus pidato,” kata Prabowo merespons Lloyd seraya tertawa.

Baca: Misi Perdagangan AS Jajaki Kolaborasi Bisnis dan Energi Bersih dengan Indonesia

Prabowo dan Lloyd berada di Singapura dalam rangka berbicara pada panel diskusi dengan tajuk “Mengelola Persaingan Geopolitik di Kawasan Multipolar“ dalam forum IISS Shangri-La Dialogue 2022, yang merupakan salah satu forum terpenting bagi pejabat senior dunia untuk berbagi perspektif baru tentang tantangan keamanan yang berkembang di Asia.

Sebelumnya pada IISS Manama Dialogue tahun lalu, Prabowo membawakan pidato pembukaan yang menekankan bahwa kekuatan yang seimbang dengan kebajikan adalah kunci dari perdamaian dunia, dan para pemimpin dunia perlu mencerminkan nilai kebajikan dan rasa hormat satu sama lain.

“Pemimpin harus mencerminkan kebajikan dan rasa hormat. Kekuatan-kekuatan besar dunia perlu menghayati ini. Hanya dengan begitulah sejarah akan menilai mereka. Tidak hanya menjadi kekuatan besar, tetapi lebih penting dan abadi, yaitu menjadi peradaban besar,” tutur Prabowo dalam pidatonya tahun lalu di IISS Manama Bahrain 2021.

Selain bertemu dengan Menhan AS, Prabowo pada hari yang sama melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen di Kementerian Pertahanan Singapura. Pertemuan itu diawali dengan kedua menteri meninjau Guard of Honour atau jajar kehormatan.

Adapun di hari yang sama dalam kesempatan berbeda, Prabowo berbincang santai dengan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan. Kedua menteri tersebut bertukar pandangan terkait isu global sembari menikmati sarapan dan segelas kopi.

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id