Kecelakaan Kereta di RD Kongo Tewaskan 24 Orang

    Willy Haryono - 18 Maret 2019 08:34 WIB
    Kecelakaan Kereta di RD Kongo Tewaskan 24 Orang
    Ilustrasi kereta api. (Foto: AFP)
    Kasai: Sedikitnya 24 orang tewas dan 31 lainnya terluka saat kereta kargo yang mereka naiki secara ilegal terguling keluar rel di Republik Demokratik Kongo, Minggu 17 Maret 2019.

    Otoritas RD Kongo melaporkan, kecelakaan terjadi di provinsi Kasai. Perusahaan kereta api nasional RD Kongo telah mengonfirmasi terjadinya kecelakaan.
    "Kami telah menerima 24 jenazah, sebagian besar dari mereka anak-anak. Ini adalah data sementara, karena banyak gerbong kereta yang masih terbalik," ucap seorang polisi di Bena Leka, sekitar 140 kilometer dari Kananga, kepada kantor berita AFP.

    "Sebagian besar korban adalah penumpang gelap, karena kereta tersebut hanya berfungsi sebagai pengangkut barang. Kami sempat menghentikan pencarian pada malam hari," tutur seorang sumber di lokasi.

    "Beberapa gerbong terlempar dan jatuh ke Sungai Luembe. Lima gerbong lainnya masih dalam keadaan terbalik," lanjut dia.

    Sejumlah korban luka langsung dilarikan ke rumah sakit di dekat Kakenge. "Kami kewalahan menangani banyaknya jumlah korban luka. Kami berusaha semaksimal mungkin. Kami telah merawat 31 korban luka," kata dokter bernama Jean Claude Tshimanga di RS Kakenge.

    Ini merupakan kecelakaan kereta api ketiga dalam sebulan terakhir di RD Kongo. Lima orang tewas dalam kecelakaan kereta api penumpang di stasiun Kalenda, RD Kongo, bulan lalu.

    Kecelakaan kereta api di RD Kongo, negara bekas jajahan Belgia, biasa terjadi dari waktu ke waktu. Banyak dari kecelakaan tersebut berujung fatal, diakibatkan buruknya infrastruktur rel dan juga usia lokomotif yang sudah terlampau tua.

    November tahun lalu, sedikitnya 40 orang tewas dalam kecelakaan kereta api di wilayah timur RD Kongo.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id