Presiden Aljazair Berencana Mengundurkan Diri Lebih Awal

    Marcheilla Ariesta - 02 April 2019 08:55 WIB
    Presiden Aljazair Berencana Mengundurkan Diri Lebih Awal
    Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika berencana mengundurkan diri sebelum akhir April 2019. (Foto: AFP).
    Algiers: Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika akan mengundurkan diri sebelum mandatnya berakhir pada 28 April 2019. Pengunduran dirinya dilakukan usai sejumlah loyalis meninggalkannya saat protes besar-besaran di negara itu.

    Meski demikian, kantor kepresidenan belum memastikan persis pengunduran diri Bouteflika. Mereka hanya menyebut pengunduran dirinya terjadi sebelum mandatnya berakhir.

    "Dia akan mengambil langkah untuk memastikan lembaga-lembaga negara terus berfungsi selama masa transisi," demikian dikutip dari pernyataan kantor kepresidenan, dikutip dari laman CGTN, Selasa 2 April 2019.

    Aljazair diguncang protes besar. Protes dipicu oleh pernyataan Bouteflika pada Februari lalu, bahwa dirinya ingin menjabat lagi untuk kelima kalinya.

    Bulan lalu, Bouteflika mengatakan akan keluar dari bursa pencalonan presiden. Dia juga menunda pemilihan umum yang rencananya digelar April ini.

    Keputusannya tersebut membuat para pendemo marah. Mereka melihat ini sebagai taktik Bouteflika memperpanjang kekuasaannya.

    Bouteflika sudah menjabat sebagai presiden selama 20 tahun, sejak 1999. Melihat demo besar-besaran di salah satu negara Afrika tersebut, sejumlah loyalis terkenal meninggalkan Bouteflika.

    Pada Selasa pekan lalu, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Jenderal Ahmed Gaid Salah mengatakan presiden harus mengundurkan diri. Jika tidak, dia akan dinyatakan tidak layak memerintah oleh parlemen secara medis.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id