Ratusan Ribu Warga Kanada Ikuti Demo Perubahan Iklim

    Willy Haryono - 28 September 2019 14:34 WIB
    Ratusan Ribu Warga Kanada Ikuti Demo Perubahan Iklim
    Aktivis lingkungan Greta Thunberg dalam aksi protes perubahan iklim di Montreal, Kanada, Jumat 27 September 2019. (Foto: AFP)
    Montreal: Ratusan ribu warga ikut serta dalam unjuk rasa perubahan iklim yang digelar di seantero Kanada. Diestimasi ada sekitar 100 acara serupa yang telah atau akan digelar di sejumlah kota di negara tersebut.

    Aksi masif ini terinspirasi Greta Thunberg, seorang remaja 16 tahun yang sempat menjadi sorotan global saat berpidato di Sidang Umum ke-74 Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat.

    Di panggung PBB, Thunberg mengkritik sejumlah pemimpin dunia yang dinilai kurang mengambil tindakan tegas dalam menghadapi perubahan iklim.

    Sementara saat di Kanada, Thunberg memulai aksi perubahan iklim di Montreal pada Jumat 27 September. Acara tersebut diyakini telah dihadiri lebih dari 300 ribu orang.

    "Saya merasa tersentuh melihat ada begitu banyak orang di sini. Orang-orang yang begitu bersemangat untuk berunjuk rasa," kata Thunberg kepada awak media, dilansir dari laman BBC, Sabtu 28 September 2019.

    "Ini adalah hari yang sangat indah," lanjutnya.

    Dalam aksinya di Montreal, Thunberg menerima hadiah berupa sebuah kunci dari Wali Kota Valerie Plante. Koordinator aksi mengklaim setengah juta orang di Montreal timur ikut serta dalam gerakan ini. Sementara otoritas setempat mengestimasi jumlahnya mendekati 315 ribu.

    Angka tersebut menempatkan Montreal sebagai lokasi aksi unjuk rasa lingkungan yang paling banyak dihadiri dalam sejarah dunia. Pada September 2014, aksi unjuk rasa perubahan iklim di New York dihadiri sedikitnya 310 ribu orang.

    Sekolah dan universitas di Montreal dan sekitarnya menghentikan beberapa kelas saat aksi protes perubahan iklim berlangsung. Kantor pemerintahan dan perkantoran juga mendorong para karyawannya mengambil cuti agar dapat ikut turun ke jalan. Beberapa moda transportasi publik di Montreal juga digratiskan saat acara berlangsung.

    Demonstrasi di Montreal berlangsung relatif damai, meski ada seorang pria yang ditangkap polisi saat dirinya hendak mendekati Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

    Nama Greta Thunberg langsung menjadi sorotan saat dirinya mengucapkan, "berani-beraninya Anda" dalam pidato di Sidang Umum ke-74 PBB. Dalam pidatonya yang berdurasi sekitar 4,5 menit, Thunberg menyebut sejumlah pemimpin dunia kurang peduli terhadap isu perubahan iklim.

    "Saya seharusnya tidak ada di sini. Saya seharusnya tetap bersekolah di seberang lautan sana," kata Thunberg, merujuk pada kampung halamannya di Swedia.

    "Kita semua sedang berada dalam fase menuju kemusnahan massal, dan kalian hanya membicarakan soal uang dan pertumbuhan ekonomi. Berani-beraninya kalian berbuat seperti itu!" tegasnya.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id