Kapal Perang Iran Berlabuh di Priok

    Yurike Budiman - 27 Februari 2020 17:27 WIB
    Kapal Perang Iran Berlabuh di Priok
    Kapal perang Iran, Kharg di Tanjung Priok/Medcom.id/Yurike Budiman
    Jakarta: Kapal perang Iran, Kharg, berlabuh di Dermaga 300, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Merapatnya kapal jenis Flotilla ini dalam rangka merayakan hubungan diplomatik ke-70 RI-Iran.

    "Kami ingin memperluas kerja sama dengan Indonesia dan memiliki pengalaman yang baik untuk mengamankan perairan internasional seperti Selat Hormuz, dan bagian perairan Utara Samudra Hindia," kata Kapten Kapal Kharg, Captain Ehsan Nasir dalam jumpa persnya, Kamis, 27 Februari 2020.

    Baca: Dubes Iran: Aku Cinta Indonesia

    Menurut dia, Angkatan Laut Republik Islam Iran telah bekerja sama dengan Indonesia sejak 1950. Kerja sama kedua negara berkontribusi besar bagi keamanan kawasan.

    "Tentu Indonesia sebagai negara yang besar sangat berperan untuk mengamankan perairan internasional khususnya laut Samudra Hindia," kata Ehsan.

    Pihaknya telah bekerja sama dengan banyak negara di pesisir Samudra Hindia. Khususnya mengawasi perkembangan keamanan dan memberikan kontribusi bagi keamanan di Samudra Hindia.

    Kapal Perang Iran Berlabuh di Priok
    Kapten Kapal Kharg, Captain Ehsan Nasir bersama Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Azad/Medcom.id/Yurike Budiman.

    Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Azad, mengamini pernyataan Ehsan. Dia berharap kunjungan ini mendapat balasan.

    "Balasan dari kapal-kapal yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia, untuk berkunjung ke perairan kami dan bersandar di pelabuhan negara kami sebagai negara yang sahabat," ujar Azad.

    Hubungan diplomatik sosial-ekonomi antara Iran dan RI masih berlanjut hingga kini. Azad mengatakan, selama 70 tahun terakhir, hubungan resmi kedua negara kian dekat dalam banyak bidang.

    Misalnya dalam aspek politik, ekonomi, dan budaya. Menurut dia, hubungan kedua negara bergantung pada rasa saling menghormati dan kerja sama di tingkat nasional, regional, dan global.

    Kapal Kharg tiba di Tanjung Priok pada 25 Februari dan akan berlayar Jumat, 28 Februari 2020. Kunjungan kapal perang ini merupakan bentuk rasa menghargai hubungan diplomatik Indonesia-Iran yang telah berlangsung sejak lama yakni pada 1950.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id