Militer Iran Mengaku Tak Sengaja Tembak Pesawat Ukraina

    Willy Haryono - 11 Januari 2020 12:05 WIB
    Militer Iran Mengaku Tak Sengaja Tembak Pesawat Ukraina
    Tim bekerja di tengah puing pesawat maskapai Ukraina di Teheran, Iran, 8 Januari 2020. (Foto: AFP/STR)
    Teheran: Militer Iran mengaku "tak sengaja" telah menembak jatuh sebuah pesawat maskapai Ukraina pada Rabu 8 Januari lalu. Teheran menyebut hal itu terjadi akibat "human error" atau kesalahan manusia.

    Dikutip dari BBC, militer Iran menyebut pesawat maskapai Ukraine International Airlines (UIA) itu tak sengaja tertembak karena terbang dekat situs sensitif milik Garda Revolusioner Iran (IRGC). Militer Iran menegaskan mereka yang bertanggung jawab atas penembakan tersebut akan diproses hukum.

    Iran sebelumnya menolak klaim bahwa salah satu misilnya telah mengenai pesawat Ukraina di dekat Teheran. Namun tekanan terus dirasakan Iran, usai Amerika Serikat dan Kanada meyakini pesawat tersebut terkena misil secara tak disengaja.

    Pengakuan dari militer Iran ini muncul usai Kepala Penerbangan Iran Ali Abedzadeh meyakini pesawat UIA itu tidak terkena misil.

    Dalam kecelakaan Rabu kemarin, total 176 orang di dalam pesawat dinyatakan tewas. Jatuhnya pesawat dengan nomor penerbangan PS752 di dekat bandara Teheran itu terjadi beberapa jam usai Iran meluncurkan belasan misil ke pangkalan militer AS di Irak.

    Korban kecelakaan pesawat meliputi 82 warga Iran, 63 Kanada dan 11 Ukraina. Ada juga korban dari Swedia, Inggris, Afghanistan dan Jerman.

    Pesawat UIA itu, yang bertolak menuju kota Toronto via Kiev, jatuh tak lama usai lepas landas dari Bandara Imam Khomeini.
     
    Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menuliskan via Twitter pada Sabtu ini bahwa "petualangan AS" di Timur Tengah juga turut bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat Ukraina.

    Otoritas Iran telah mengizinkan tim pakar dari Ukraina dan beberapa negara lainnya untuk bersama-sama menganalisis kotak hitam pesawat. Namun Iran menyebut pengunduhan data dari kotak hitam mungkin akan menghabiskan waktu dua bulan.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id