Ribuan Warga Kanada Kenang Tragedi Pesawat Ukraina

    Arpan Rahman - 13 Januari 2020 12:04 WIB
    Ribuan Warga Kanada Kenang Tragedi Pesawat Ukraina
    Ribuan warga menghadiri acara memorial korban tragedi pesawat Ukraina di Toronto, Kanada, 12 Januari 2020. (Foto: AFP/GEOFF ROBINS)
    Toronto: Sekitar 2.000 orang memadati sebuah acara memorial di Toronto, Kanada, Minggu 12 Januari, yang digelar untuk mengenang korban tewas tragedi pesawat Ukraina. Pesawat maskapai Ukraine International Airlines (UIA) itu ditembak jatuh di Iran pada 8 Januari, menewaskan total 176 orang.

    Dari total korban tewas, 57 merupakan warga Kanada yang sebagian besarnya keturunan Iran. Acara memorial di Toronto ini digelar Tirgan, organisasi lintas budaya Iran-Kanada.

    Daniel Lak dari Al Jazeera mengatakan acara memorial dipadati begitu banyak orang, dengan antrean sepanjang 100 meter dari pintu masuk.

    "Mereka semua membacakan nama-nama korban asal Kanada. Hampir semua orang menangis," kata Lak, dikutip dari Al Jazeera, Senin 13 Januari 2020.

    Tertekan beragam bukti yang memberatkan, Iran akhirnya mengaku tak sengaja menembak jatuh pesawat UIA dengan nomor penerbangan PS752 pada Sabtu kemarin. Presiden Iran Hassan Rouhani menyebut, penembakan misil ke arah pesawat itu merupakan sebuah "kesalahan fatal."

    Korps Garda Revolusioner Iran (IRGC) menyebut penembakan misil diakibatkan "human error" atau kesalahan manusia. Ia menyebut operator misil salah mengira Boeing 737-800 sebagai "pesawat musuh."

    Kesalahan fatal tersebut terjadi di hari yang sama Iran meluncurkan belasan misil ke pangkalan militer yang menampung pasukan Amerika Serikat di Irak.

    Pesawat UIA PS752 kala itu sedang dalam perjalanan menuju Kiev, dengan jumlah penumpang mencapai 167 dan 9 kru. Banyak dari penumpang merupakan warga Iran yang memiliki kewarganegaraan ganda.

    "Tidak ada keadilan di dunia ini," ucap Masoud Niknam. Saudara laki-lakinya, Farhad Niknam, tewas dalam tragedi UIA di Iran.

    Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menghadiri sebuah memorial di kota Edmonton, kota asal 13 korban tragedi UIA. Ia mengaku sangat terpukul saat mendengar kesedihan anggota keluarga dari ke-13 korban.

    "Tragedi ini tidak boleh terulang lagi," tutur Trudeau di hadapan 2.300 orang yang menghadiri memorial.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id