Korban Serangan di Masjid Yaman Lampaui 100 Orang

    Willy Haryono - 20 Januari 2020 06:40 WIB
    Korban Serangan di Masjid Yaman Lampaui 100 Orang
    Seorang prajurit Yaman berada di sebuah rumah yang hancur terkena serangan udara di Sanaa, 26 Agustus 2017. (Foto: AFP/MOHAMMED HUWAIS)
    Marib: Jumlah korban tewas serangan misil pemberontak Houthi di sebuah masjid di Yaman bertambah menjadi lebih dari 100 orang, Minggu 19 Januari 2020. Serangan terjadi saat pelaksanaan ibadah salat Isya di salah satu masjid di provins Marib pada Sabtu malam.

    "Kami mengecam keras serangan teroris milisi Houthi terhadap sebuah masjid, yang telah menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai puluhan lainnya," ucap pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Yaman di Twitter, dikutip dari AFP.

    Seorang juru bicara militer Yaman mengatakan, korban tewas meliputi prajurit dan juga warga sipil. Ia menegaskan bahwa Houthi akan menerima pembalasan "keras" atas serangan tersebut.

    Semua korban telah dibawa ke sebuah rumah sakit di Marib. Tim medis awalnya melaporkan jumlah korban tewas mencapai 83 orang, dengan 148 lainnya terluka.

    Angka kematian dalam konflik Yaman biasanya berbeda tergantung dari sumber yang merilis datanya. Tingginya jumlah korban dalam serangan tunggal di Marib ini disebut-sebut sebagai yang terparah sejak konflik di Yaman meletus pada 2014.

    Hingga saat ini Houthi belum mengeluarkan pernyataan yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Marib.

    Saluran televisi Al-Hadath menayangkan sebuah video yang memperlihatkan lokasi serangan. Dalam tayangan terlihat banyak potongan tubuh korban bergelimpangan di lantai masjid.

    Serangan di masjid Marib ini terjadi satu hari usai koalisi pimpinan Arab Saudi melancarkan operasi berskala besar terhadap Houthi di wilayah Nihm. Seorang sumber militer mengatakan kepada kantor berita Saba bahwa pertempuran di Nihm berlanjut sepanjang akhir pekan.

    "Puluhan milisi (Houthi) tewas dan terluka," ujar sumber tersebut.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id