Zona Dekat Kedubes AS di Baghdad Kembali Diserang

    Fajar Nugraha - 06 Januari 2020 06:56 WIB
    Zona Dekat Kedubes AS di Baghdad Kembali Diserang
    Ilustrasi oleh Medcom.id.
    Baghdad: Dua roket kembali menghantam Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di ibu kota Irak pada Minggu 5 Januari. Serangan terjadi beberapa jam setelah duta besar dipanggil atas serangan AS yang menewaskan pemimpin pasukan Garda Revolusi Iran, Qassem Soleimani.

    Serangan Minggu adalah malam kedua berturut-turut dimana Zona Hijau terkena dan yang ke-14 selama dua bulan terakhir bahwa instalasi AS telah ditargetkan.

    “Roket ketiga secara bersamaan menabrak sebuah rumah keluarga di luar Zona Hijau. Serangan itu melukai empat orang,” ujar pihak medis kepada AFP, Senin, 6 Januari 2020.

    Hubungan antara Irak dan AS memburuk setelah serangan pesawat tak berawak Amerika pada Jumat di bandara internasional Baghdad yang menewaskan Mayor Jenderal Iran Qasem Soleimani dan tokoh militer Irak Abu Mahdi al-Muhandis.

    Serangan presisi itu terjadi hanya beberapa hari setelah massa pro-Iran menyerang Kedutaan AS di Baghdad.

    Sebagai tanggapan pada Minggu, parlemen Irak meminta pemerintah untuk mengusir pasukan AS dan asing lainnya dari negara itu.

    Sekitar 5.200 tentara AS ditempatkan di pangkalan-pangkalan Irak untuk mendukung pasukan lokal mencegah kebangkitan kelompok militan Islamic State (ISIS).

    Mereka dikerahkan sebagai bagian dari koalisi internasional yang lebih luas, diundang oleh pemerintah Irak pada 2014 untuk membantu memerangi ISIS.

    Serangan roket Minggu terjadi beberapa jam setelah tenggat waktu oleh kelompok garis keras pasukan militer Hash al-Shaabi Irak, untuk keluar dari unsur pasukan AS di pangkalan-pangkalan bersama di seluruh Irak. Hash al-Shaabi ditengarai memiliki hubungan dekat dengan Iran.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id