Pencapaian Indonesia dalam Pengurangan Merkuri Diakui Dunia

    Marcheilla Ariesta - 26 November 2019 20:52 WIB
    Pencapaian Indonesia dalam Pengurangan Merkuri Diakui Dunia
    Menteri KLHK Siti Nurbaya di Markas PBB di Jenewa, Swiss. (Foto: Dok. PTRI Jenewa).
    Jenewa: Indonesia terpilih sebagai tuan rumah sidang The Fourth Meeting of the Conference of Parties (COP 4) Konvensi Minamata 2021 di Bali. Keputusan ini diambil pada sidang COP 3 di Jenewa, 25 November 2019.

    Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya memaparkan kemajuan dan pencapaian Indonesia dalam mengurangi merkuri. Salah satu langkahnya adalah pelanggaran penggunaan merkuri pada alat kesehatan mulai 2020, pelarangan tambang sinabar, pengembangan teknologi alternatif pengganti merkuri untuk penambangan emas skala kecil, serta transformasi sosio ekonomi masyarakat di tambang emas.

    "Menyadari bahaya merkuri bagi kesehatan manusia dan lingkungan, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Perpres No.21 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Pengurangan dan Penghapusan Merkuri," kata Siti Nurbaya, dikutip dari pernyataan PTRI Jenewa yang diterima Medcom.id, Selasa 26 November 2019.

    Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah COP 4 telah melalui proses negosiasi panjang. 

    "Keberhasilan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah COP 4 Konvensi Minamata merupakan wujud pengakuan dunia internasional terhadap pencapaian Indonesia dalam pengurangan merkuri dan hasil sinergi positif antara Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," tutur Deputi Wakil Tetap RI untuk PBB di Jenewa, Andreano Erwin.

    PTRI Jenewa dinilai aktif menjajaki peluang kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam Konvensi Minamata. 

    Menjadi tuan rumah COP 4 Konvensi Minamata pada tahun 2021 adalah momentum bagi Indonesia untuk memainkan peran sentral dalam diplomasi lingkungan hidup. Kehadiran ribuan delegasi pada COP perlu dimanfaatkan oleh semua pemangku kepentingan di Indonesia, terutama untuk meningkatkan dukungan internasional terhadap kebijakan nasional pengurangan merkuri.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id