Tak Hanya Lawan Covid-19, Multilateralisme Bisa Bantu Kemerdekaan Palestina

    Surya Perkasa - 26 September 2020 02:28 WIB
    Tak Hanya Lawan Covid-19, Multilateralisme Bisa Bantu Kemerdekaan Palestina
    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Dok. Kemenlu
    New York: Pandemi virus korona (covid-19) tidak bisa dilawan negara sendiri-sendiri. Multilateralisme menjadi cara untuk mengatasi tantangan yang tengah dihadapi seluruh negara di dunia ini.

    “Di tengah pandemi covid-19 dan situasi global yang tidak menentu, seluruh negara memiliki tanggung jawab untuk menjadi bagian dari solusi guna mencapai perdamaian, stabilitas dan kemakmuran bersama,” tegas Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam pertemuan tingkat menteri Alliance for Multilateralism, Jumat, 25 September 2020.

    Retno menyebut multilateralisme merupakan jalan terbaik dan satu-satunya untuk menghadapi tantangan global bernama wabah virus virus korona. Menteri Retno menyebut mulltilateralisme sudah terbukti sukses dalam melawan kolonialisme, terorisme, penanganan bencana alam, dan menjaga perdamaian.

    Pertemuan Alliance for Multilateralism ini diselenggarakan di sela-sela High-Level Week Sidang Majelis Umum PBB ke-75 dan dipimpin oleh Menlu Jerman dan Menlu Prancis serta diikuti oleh lebih dari 60 menteri dari berbagai negara. Penguatan kerja sama multilateral dalam menghadapi pandemi covid-19 menjadi sorotan utama pertemuan.

    Dalam pertemuan tersebut, Retno menegaskan bahwa Indonesia akan terus mendukung peran PBB dan institusi multilateral lainnya seperti WTO dan WHO. Terutama untuk penguatan sistem yang telah berjalan selama 75 tahun.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id