Kurdi Klaim 75 Prajurit Turki Tewas di Tangan SDF

    Willy Haryono - 13 Oktober 2019 20:04 WIB
    Kurdi Klaim 75 Prajurit Turki Tewas di Tangan SDF
    Pasukan Turki dan milisi pro-Ankara meningkatkan serangan mereka terhadap Kurdi di kota Ras al-Ain, Suriah, Minggu 13 Oktober 2019. (Foto: AFP / Nazeer Al-khatib)
    Ras al-Ain: Milisi Kurdi mengklaim 75 prajurit Turki tewas di tangan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) dalam pertempuran di kota Ras al-Ain, Suriah, Minggu 13 Oktober 2019.

    Media Sputnik melaporkan sedikitnya 19 tentara Turki juga terluka dalam baku tembak tersebut.

    Sejak Rabu 9 Oktober, Turki melancarkan invasi ke Suriah utara untuk menghabisi seluruh pasukan Kurdi yang dianggap Ankara sebagai teroris.

    Operasi militer itu dilakukan usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump menarik sejumlah pasukan AS dari perbatasan Suriah. Turki memandang penarikan sebagai "lampu hijau" untuk melancarkan invasi ke Suriah.

    Mengenai penarikan, Trump berpendapat bahwa intervensi militer AS di Timur Tengah telah menyedot terlalu banyak biaya dan korban jiwa.

    Setelah Turki melancarkan serangan ke Suriah, Trump mengancam akan menghancurkan perekonomian Ankara jika operasi militer tersebut berakhir dengan tewasnya seluruh populasi Kurdi.

    Sementara itu, Kementerian Pertahanan Turki mengumumkan bahwa pasukannya telah berhasil merebut kota pertama milik Kurdi, yakni Ras al-Ain.

    Namun pasukan Kurdi di Ras al-Ain membantah kota mereka telah jatuh ke tangan Turki. Seorang koresponden AFP mengatakan pasukan Turki dan sekutunya memang telah masuk ke Ras al-Ain, namun belum menguasainya.

    Sementara itu grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) mengatakan bahwa milisi pro-Ankara telah "mengeksekusi" sedikitnya sembilan warga sipil di dekat kota Tal Abyad. Kota tersebut merupakan salah satu sasaran utama dalam invasi Turki ke Suriah.
     
    Otoritas Kurdi mengatakan seorang perempuan petinggi partai dan sopirnya termasuk dari sembilan warga sipil yang dibunuh milisi pro-Ankara.
     
    SOHR mencatat sedikitnya 23 anggota SDF tewas dalam serangan pada Sabtu kemarin. Total jumlah korban SDF kini mencapai 81 sejak invasi Turki dimulai.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id