Indonesia Desak Israel Hentikan Permukiman Ilegal di Palestina

    Marcheilla Ariesta - 20 Desember 2019 12:21 WIB
    Indonesia Desak Israel Hentikan Permukiman Ilegal di Palestina
    Pemukiman Israel di Revava yang berada di wilayah Palestina. Foto: AFP
    New York: Indonesia tak bosan untuk mendesak Israel agar menghentikan permukiman ilegal di wilayah Palestina. Lewat perannya di Dewan Keamanan PBB, Indonesia meminta agar Resolusi 2334 tahun 2016, segera diimplementasikan.

    Wakil Tetap Indonesia untuk PBB di New York, Dian Triansyah Djani mengatakan Indonesia juga ingin agar para anggota Dewan Keamanan PBB dapat mengunjungi Gaza dan Tepi Barat untuk melihat kondisi di sana.

    "Saya masih tidak mengerti kenapa kita tidak bisa melakukan kunjungan ke sana," kata Trian dalam pernyataan yang diterima Medcom.id, Jumat 20 Desember 2019.

    Dalam kesempatan tersebut, Trian menekankan beberapa poin penting dari Indonesia. Pertama, DK PBB harus serius dalam mengimplementasikan Resolusi 2334.

    "Ketika Dewan mengadopsi resolusi ini tiga tahun lalu, resolusi ini dibuat dengan harapan proses damai menurut hukum internasional dan parameter persetujuan," tutur Trian. 

    Resolusi ini juga menjaga status quo Situs-situs Suci di Yerusalem baik bagi agama Islam maupun Kristen.

    Poin kedua, perlunya aksi konkret untuk mendukung Palestina. Menurut Trian, perlu adanya komitmen teguh untuk mendapatkan perdamaian berdasarkan Solusi Dua Negara. 

    Menurut Trian, ini saatnya bagi komunitas internasional membalikkan tren negatif terhadap Palestina dengan tindakan yang diperlukan terhadap permukiman ilegal Israel. 

    "Sementara kita membela nasib Solusi Dua Negara, janganlah kita melupakan krisis kemanusiaan menghadapi orang-orang Palestina di Gaza, Tepi Barat, dan berbagai lokasi pengungsi," imbuh Trian.

    Dalam hal ini, sambung dia, Indonesia memanggil seluruh komunitas internasional untuk memperpanjang dukungan mereka pada Lembaga PBB yang Mengatur Pengungsi Palestina (UNRWA). 

    "Bagi Indonesia, pemerintah dan rakyat kami akan selalu ada dan bersama dengan saudara kami, Palestina. Kami mendukung rencana pemilihan umum Palestina, dan berharap persatuan seluruh warga Palestina dapat membuat mereka meraih mimpinya sebagai Negara Palestina," pungkasnya.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id