Presiden Jokowi Ingatkan PM Selandia Baru Minum Kopi Indonesia

    Marcheilla Ariesta - 23 Maret 2018 08:53 WIB
    Presiden Jokowi Ingatkan PM Selandia Baru Minum Kopi Indonesia
    Retno Marsudi. MI/Panca Syurkani.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo belum lama kembali dari lawatannya ke Australia dan Selandia Baru. Di Negeri Kiwi, Presiden Jokowi sempat melakukan diplomasi kopi.

    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, yang turut jadi bagian delegasi Indonesia mengatakan, Presiden Jokowi sempat mengingatkan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dan jajaran petinggi negara tersebut untuk minum kopi Indonesia.

    "Ada kebiasaan di masyarakat Selandia Baru untuk minum kopi. Presiden mengatakan kenapa tidak minum kopi Indonesia, padahal kopi kita itu sudah masuk ke sana (Selandia Baru)," kata Retno di Kantin Diplomasi Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis 22 Maret 2018.

    Retno menjelaskan, saat Presiden Jokowi berkunjung, dilakukan pertemuan bisnis dengan para pengusaha Indonesia dan pengusaha lokal di sana. Dalam kesempatan itu ada transaksi yang terjadi di tempat.

    "Dari transaksi di tempat, ada sekitar USD9,7 juta di mana USD6 juta di antaranya dari kopi," ungkap Retno.

    Melihat hal ini, Presiden Jokowi tahu bahwa kopi Indonesia berpeluang sangat besar di Selandia Baru. Karenanya, saat makan siang bersama PM Selandia Baru, Gubernur Jenderal dan para menteri, Presiden Jokowi mengingatkan mereka untuk minum kopi Indonesia.

    "Jangan lupa, jika minum kopi, minumlah kopi Indonesia," kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat menghadiri jamuan santap siang kenegaraan bersama Gubernur Jenderal Selandia Baru Dame Patsy Reddy di Government House, Wellington, Selandia Baru, Senin lalu.

    Indonesia sendiri, lanjut Presiden, merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Indonesia memiliki banyak jenis kopi, mulai dari kopi bali, kopi sumatra, kopi jawa, kopi toraja, hingga kopi luwak. Dalam penutup sambutannya, Presiden berharap diplomasi kopi ini akan menjadi perekat baru hubungan bilateral Indonesia dan Selandia Baru.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id