AS Tak Beri Visa, Presiden Iran Batal Hadiri Sidang PBB

    Sonya Michaella - 19 September 2019 08:22 WIB
    AS Tak Beri Visa, Presiden Iran Batal Hadiri Sidang PBB
    Presiden Iran Hassan Rouhani. (Foto: AFP)
    Teheran: Presiden Iran Hassan Rouhani dan delegasinya terpaksa tidak menghadiri Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-74 di New York. Pasalnya, Amerika Serikat (AS) tak mengeluarkan visa mereka.

    "Jika visa tidak dikeluarkan dalam beberapa jam, perjalanan ini mungkin dibatalkan," sebut kantor berita pemerintah IRNA, dikutip dari Arab News, Kamis 19 September 2019.

    Rouhani dan delegasi dijadwalkan berangkat ke New York pada Senin 23 September mendatang. Delegasi yang gagal berangkat juga termasuk Menteri Luar Negeri Javad Zarif yang harusnya bertolak ke New York, besok pagi.

    Tak hadirnya Rouhani di sidang umum akan menggagalkan upaya Prancis untuk mengatur pertemuan antara dirinya dengan Presiden Donald Trump, sebagai bagian dari upaya Eropa meredakan ketegangan.

    "Tidak hadirnya delegasi Iran akan menunjukkan AS tidak memiliki diplomasi di mana kunjungan delegasi Iran khusus untuk Sidang Umum PBB, bukan untuk AS," tulis IRNA lagi.

    Debat Sidang Majelis Umum PBB akan dimulai pada Selasa 24 September. Namun, serangkaian acara telah dimulai sejak kemarin.

    Sebagai tuan rumah, AS wajib mengeluarkan visa kepada diplomat yang bertugas di Markas Besar PBB termasuk delegasi yang akan datang untuk sidang umum nanti.

    Diinisiasi Prancis untuk bertemu Iran, Trump mengaku siap jika akhirnya bertatap muka dengan Rouhani. Pernyataan disampaikan Trump di sela KonferensI Tingkat Tinggi Group of Seven (G7) di Biarritz, Prancis, Senin 26 Agustus 2019.

    Sementara, Rouhani telah mengindikasikan dia terbuka untuk mengadakan pembicaraan dengan Amerika, tetapi itu adalah pendekatan yang telah menghadapi kritik dari ultrakonservatif di Iran.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id