ISIS Serukan Pembalasan Penembakan Selandia Baru

    Marcheilla Ariesta - 19 Maret 2019 17:23 WIB
    ISIS Serukan Pembalasan Penembakan Selandia Baru
    Masyarakat memberikan bunga di lokasi penembakan Selandia Baru. (Foto: AFP).
    Baghuz: Juru bicara Islamic State (ISIS) Abu Hassan al-Muhajir menyerukan untuk membalas penembakan di Selandia Baru. Pernyataannya disampaikan dalam rekaman audio selama 44 menit.

    "Adegan pembantaian di dua masjid harus membangunkan orang-orang yang dibodohi, dan menghasut para pendukung kekhalifahan untuk membalas agama mereka," katanya, dilansir dari laman New York Times, Selasa 19 Maret 2019.

    Muhajir menggambarkan penembakan tersebut sebagai perpanjangan dari kampanye melawan ISIS. Dia menyamakan serangan masjid tersebut sama dengan pertempuran selama beberapa pekan di desa terakhir yang dikendalikan ISIS di Suriah.

    "Ini adalah Baghouz di Suriah, di mana umat Islam dibakar hingga mati dan dibom dengan senjata pemusnah massal," imbuh dia.

    Baca: Selandia Baru Waspada Balasan Penyerangan Masjid

    Sementara itu, Badan Intelijen Keamanan memperingatkan adanya serangan balasan atas penembakan di dua masjid Selandia Baru. 

    Kepala SIS Richard Woods mengatakan, Selandia Baru harus waspada terhadap serangan balasan dari mereka. Dia menambahkan pengeboman di London tahun lalu oleh warga Inggris, menunjukkan bahwa ancaman itu ada di negara-negara lain. 

    "Sementara aksi teroris sebelumnya dilakukan oleh kelompok-kelompok ekstremis seperti ISIS dan Al Qaeda. Namun sekarang, aksi teror mereka menjadi lebih inspirasional daripada manajerial. Kelompok-kelompok lokal saat ini memang masih bertindak independen, tetapi hasilnya sudah menghancurkan," jelasnya.

    Woods menambahkan, peningkatan kewaspadaan diperlukan untuk memastikan Selandia Baru bukan korban atau sumber aksi terorisme. Menurut dia, dukungan dan informasi dari masyarakat sangat penting.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id