Indonesia Dorong Kerja Sama ACD di Bidang Energi Terbarukan

    01 Mei 2019 21:54 WIB
    Indonesia Dorong Kerja Sama ACD di Bidang Energi Terbarukan
    Menlu Retno Marsudi dalam PTM ACD)Ke-16 di Doha, Qatar, Rabu 1 Mei 2019. (Foto: Kemenlu RI)
    Doha: Kerja sama ACD harus konkret. Artinya, bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat di negara-negara Asia, dan sanggup jawab tantangan zaman. Demikian tegas Menteri Luar Negeri RI dalam Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Asia Cooperation Dialogue (ACD) Ke-16 di Doha, Qatar, Rabu 1 Mei 2019.
     
    PTM yang bertema "Partners in Progress" ini juga dihadiri para menteri dan pejabat tinggi dari 34 negara anggota ACD guna membahas upaya peningkatan kerja sama berbagai isu kepentingan bersama, termasuk dalam bidang konektivitas; pendidikan; keamanan pangan, energi, dan air; budaya dan pariwisata; dan pembangunan berkelanjutan.
     
    Pertemuan antara lain menyepakati pentingnya peningkatan kerja sama dalam bidang energi untuk mewujudkan ketahanan, aksesibilitas, dan praktek berkelanjutan di bidang energi.
     
    "Saya menegaskan kembali komitmen Indonesia sebagai co-prime mover ACD di bidang energi dengan memajukan kerja sama pengembangan energi terbarukan. Hal ini sejalan dengan kebijakan nasional terkait pendayagunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT)," ungkap Menlu Retno.
     
    Untuk itu, Indonesia menjadwalkan untuk menyelenggarakan ACD Ministerial Meeting on Renewable Energy, di Indonesia pada paruh kedua 2019. Pertemuan ini diharapkan dapat menciptakan peluang kerja sama pengembangan EBT diantara negara-negara ACD, termasuk investasi dan pengembangan kapasitas.
     
    PTM ACD Ke-16 juga menyepakati berbagai upaya untuk memajukan ACD antara lain penyusunan struktur dan mekanisme baku terkait Sekretariat ACD, sinergi antara ACD dengan forum regional lain. Tak kalah penting, PTM ACD kali ini merupakan momentum bersejarah dengan bergabungnya negara anggota baru, Palestina.
     
    Di sela-sela PTM ACD, Menlu RI juga berkesempatan mengadakan pertemuan dengan Menlu Thailand dan Menlu Malaysia, guna mengkoordinasikan langkah ketiga negara guna mendorong agar kerjasama dalam kerangka ACD menjadi lebih efektif.
     
    Selain itu, dalam kapasitas bilateral, Menlu RI juga berkesempatan untuk mengadakan pertemuan dengan Menlu Qatar, antara lain untuk menjajaki peluang kerjasama di bidang pengiriman tenaga medis dan paramedis profesional dan terlatih dari Indonesia.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id