Indonesia Bisa Ikut Tentukan Arah Kebijakan WHO Hadapi Korona

    Marcheilla Ariesta - 15 Mei 2020 23:07 WIB
    Indonesia Bisa Ikut Tentukan Arah Kebijakan WHO Hadapi Korona
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang Kementerian Luar Negeri, Kamapradipta Isnomo, menyebut Indonesia punya peran dalam menangani pandemi virus korona (covid-19). Indonesia merupakan anggota eksekutif organisasi kesehatan dunia (WHO).

    "Kita bisa menentukan arah kebijakan dan langkah yang diambil Dirjen WHO untuk menangani pandemi covid-19," kata Kama, Jumat, 15 Mei 2020.

    Kama menyebut Indonesia memiliki peran signifikan. Indonesia telah bergabung dengan program WHO untuk menemukan obat dan vaksin virus korona, yakni solidarity trial.

    Solidarity trial merupakan program WHO untuk pengujian klinik terhadap empat alternatif terapi penanganan korona. Yaitu remdesivir, gabungan lopinavir/ritonavir, gabungan lopinavir/ritonavir ditambah interferon dan chloroquine.

    Dia menuturkan keikutsertaan itu merupakan salah satu langkah memperbaiki pelayanan kesehatan. Pengujian ini diharapkan dapat menurunkan angka kematian pada pasien covid-19 di Indonesia.

    Tercatat lebih dari 45 negara berpartisipasi pada riset tersebut. Jumlahnya bisa terus bertambah.

    "Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang berpartisipasi dalam WHO solidarity trial," kata dia.

    Indonesia juga menjadi ketua Foreign Policy Global Health (FPGH). Forum ini merupakan kerja sama untuk menyinergikan antarkebijakan luar negeri dan kesehatan global. FPGH beranggotakan tujuh negara yakni Afrika Selatan, Brasil, Prancis, Norwegia, Senegal, Thailand, dan Indonesia.

    "Dalam kondisi saat ini akhirnya akan mengadakannya secara virtual yang akan dihadiri menlu FPGH, temanya affordable healthcare for all yang sejalan SDG's 2030. Tema lainnya juga vaksin untuk semua," tutur Kama.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id