Trump Kecam Pembatasan internet di Iran

    Arpan Rahman - 22 November 2019 18:04 WIB
    Trump Kecam Pembatasan internet di Iran
    Iran mengatakan gelombang protes telah berakhir (Foto: Medcom.id/M Rizal)
    Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuduh Iran memblokir internet untuk menutupi gelombang unjuk rasa. Sementara Garda Revolusi Iran menyatakan bahwa gelombang protes jalanan sekarang telah berakhir.

    Pernyataan Trump di Twitter semakin meningkatkan gejolak di Iran. Negara tersebut saat ini limbung akibat tekanan ekonomi dan diplomatik yang dimulai AS.

    "Iran telah menjadi sangat tidak stabil sehingga rezim telah mematikan seluruh sistem internet mereka hingga orang-orang Iran yang hebat tidak dapat berbicara tentang kekerasan luar biasa yang terjadi di dalam negeri," cuit Trump.

    "Mereka tidak menginginkan transparansi, berpikir bahwa dunia tidak akan mengetahui kematian dan tragedi yang disebabkan oleh Rezim Iran!" lanjutnya seperti dikutip AFP pada Jumat 22 November 2019.

    Sementara itu Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berjanji untuk mengekspos dan memberi sanksi atas pelanggaran terhadap para pengunjuk rasa. Dia juga meminta warga Iran mengirim video, foto, dan informasi yang mendokumentasikan tindakan keras pemerintah.

    Demonstrasi merebak di Iran setelah harga bensin dinaikkan 200 persen. Kerusuhan menyebar ke sejumlah pusat kota. Kekacauan menyebabkan kantor polisi diserang, pompa bensin dibakar, dan toko-toko dijarah.

    Penutupan internet total telah membuat sulit memperoleh informasi tentang situasi terbaru. Pihak berwenang melaporkan lima kematian. Namun, Amnesty International mengatakan jumlah korban jiwa sebenarnya bisa lebih dari 100.

    Kantor hak asasi manusia PBB mengatakan mereka khawatir dengan laporan bahwa peluru tajam mmenjai penyebab sebagian besar kematian.

    Meskipun demikian, perwakilan Iran di PBB menyebut laporan Amnesti spekulatif dan mengatakan Iran menjadi sasaran kampanye disinformasi.



    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id