Serangan Udara Beruntun ke Suriah Utara, 36.000 Warga Mengungsi

    Arpan Rahman - 24 Januari 2020 18:08 WIB
    Serangan Udara Beruntun ke Suriah Utara, 36.000 Warga Mengungsi
    Warga Suriah di Provinsi Idlib evakuasi diri menghindari serangan udara pemerintah. Foto: AFP
    Idlib: Puluhan ribu warga Suriah meninggalkan rumah mereka dan pergi ke perbatasan Turki setelah serangan beruntun pemerintah di Provinsi Idlib.

    Kelompok Response Coordination Group mengatakan warga sipil meninggalkan rumah mereka selama dua hari pekan ini untuk melarikan diri dari apa yang seharusnya menjadi daerah de-eskalasi yang ditunjuk di Suriah. 

    "Hampir 12.000 keluarga kehilangan tempat tinggal karena kekerasan yang terus berlanjut antara pasukan yang setia kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad dan pasukan pemberontak," kata direktur kelompok itu, Mohammad Hallaj, disitat dari UPI, Kamis 23 Januari 2020.

    Kelompok kemanusiaan Syria Civil Defense, atau White Helmets, mengatakan pemerintahan al-Assad dan pasukan Rusia menyerang Kota Ariha, Maaratal Numan, dan sebuah kamp di dekat Kota Saraqib pada Rabu dan Kamis. Serangan itu melukai sejumlah warga sipil dan memaksa sekitar 36.000 orang melarikan diri. White Helmets mengatakan mereka melakukan 15 serangan udara, menjatuhkan bom 14 barel, dan menembakkan lebih dari 100 peluru artileri.

    Putaran serangan terbaru pekan ini diyakini sudah menewaskan sedikitnya 40 orang. Para pejabat Turki mengatakan Ankara telah mengirim ratusan truk yang mengangkut bantuan kemanusiaan ke sejumlah kamp pengungsi di wilayah tersebut.

    Suriah menuduh Turki mengambil kendali kota Tal Abyad dan sejumlah desa di Raqqa musim gugur lalu setelah menembaki lingkungan dan menghancurkan sebagian besar infrastruktur.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id