comscore

Dubes RI Gencarkan Promosi Bisnis dengan Yordania dan Palestina

19 September 2017 18:39 WIB
Dubes RI Gencarkan Promosi Bisnis dengan Yordania dan Palestina
Pelaku bisnis Yordania dan Palestina dalam Business Dinner bertema "Promoting Trade and Investment in Remarkable Indonesia" di Hotel Landmark Amman, 18 September 2017. (Foto: KBRI Amman)
medcom.id, Amman: Volume perdagangan RI-Yordania maupun RI-Palestina selama ini belum mencerminkan potensi yang sesungguhnya. Untuk itu, perlu dilakukan upaya nyata dan terobosan baru agar angka perdagangan dan investasi dapat ditingkatkan di tahun-tahun mendatang. 

Demikian ditegaskan Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina Andy Rachmianto dalam Business Dinner bertema "Promoting Trade and Investment in Remarkable Indonesia" di Hotel Landmark Amman, 18 September 2017. 
Dubes Andy menyatakan, tujuan pertemuan adalah menyebarluaskan perkembangan ekonomi dan potensi Indonesia terkini serta bertukar pandangan tentang upaya meningkatkan hubungan ekonomi, perdagangan, pariwisata, dan investasi serta peluang-peluang kerja sama lebih lanjut antara Indonesia dengan Yordania dan Palestina.

"Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan 15 paket kebijakan ekonomi yang bertujuan mendorong kemudahan berbisnis di Indonesia." tegas Dubes Andy, dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com.

Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, Indonesia fokus pada empat sektor utama, yaitu infrastruktur, energi, maritim, dan pariwisata. Sebagai contoh, di sektor infrastruktur, Indonesia menawarkan 35 mega proyek untuk pembangunan pelabuhan, jalan tol, bandar udara, dan rel kereta api dengan nilai investasi sebesar USD30 miliar. 

Di sektor pariwisata, pemerintah gencar mempromosikan "10 Bali Baru atau "10 New Bali" untuk meningkatkan kunjungan agar mencapai target 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019. Untuk itu, Indonesia telah menerapkan kebijakan pembebasan visa kunjungan wisata bagi 169 negara, termasuk Yordania dan Palestina.

Sementara itu, kunjungan wisatawan religi dari Indonesia ke Palestina dan Yordania juga semakin meningkat. Lebih dari 50 ribu peziarah Indonesia memanfaatkan paket Umrah ++ (plus-plus) yang juga melakukan kunjungan ke Palestina dan Yordania. 

Dubes RI Gencarkan Promosi Bisnis dengan Yordania dan Palestina
Dubes Andy Rachmianto. (Foto: KBRI Amman)

Partisipasi Pelaku Bisnis

Selain itu, Dubes Andy juga mengajak para pelaku usaha di negara akreditasi untuk mencari peluang kerja sama dengan pengusaha Indonesia, dengan memanfaatkan partisipasi pada kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) di Banten dan Indonesia-Middle East Annual Gathering on Economy (IMAGE) di Bandung pada bulan Oktober 2017. 

Investor di negara akreditasi juga diajak berinvestasi di Indonesia melalui partisipasi pada kegiatan Regional Investment Forum (RIF) di Padang. 

Para pelaku usaha Yordania, Palestina, dan Irak yang hadir dalam pertemuan tersebut menyampaikan apresiasi tinggi atas penyelenggaraan acara ini. Sebagian dari mereka menyatakan, banyak informasi-informasi baru mengenai Indonesia yang tidak mereka ketahui sebelumnya. 

Perkembangan dan kemajuan ekonomi Indonesia telah menggugah semangat para pelaku usaha tersebut untuk menjalin bisnis dengan mitranya dari Indonesia. Selama ini mereka cenderung menjalin bisnis dengan mitra tradisional dari negara-negara tetangga, Uni Eropa, Amerika Serikat dan China. 

Kegiatan ini diharapakan dapat berperan sebagai jembatan untuk memberi keyakinan kepada para pelaku bisnis yang hadir dalam memperluas bisnis mereka dengan mitra-mitra baru dari Indonesia.

Kegiatan Diplomasi Ekonomi KBRI Amman melalui Business Dinner dihadiri sekitar 160 pengusaha papan atas Yordania, termasuk H.E. Senator Ziad Homsi (Ketua Kamar Industri Amman), H.E. Mr. Hamdi Tabba’a (Ketua Asosiasi Pebisnis Yordania), H.E. Dr. Mohammad Thneibat (Chairman JPMC), Hon. Mr. Adnan Abu Al Ragheb (Ketua Kamar Industri Yordania), Duta Besar Luay Khashman (Presiden Asosiasi Persahabatan Yordania-Indonesia), serta Mr. Abdullah Al Saoudi (Ketua Dewan Bisnis Yordania-Indonesia). 

Hadir pula Mrs. Maha Abu Shusheh (Konsul Kehormatan RI di Ramallah), Mr. Ziad Anabtawi (Ketua Dewan Bisnis Palestina-Indonesia) dan Dr. Majid Al Sadi (Ketua Dewan Bisnis Irak) sertak beberapa Ketua Kamar Dagang dan Kamar Industri di Yordania.

Dubes RI Gencarkan Promosi Bisnis dengan Yordania dan Palestina
Promosi TEI kepada pelaku bisnis Yordania dan Palestina. (Foto: KBRI Amman)

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id