Kemeriahan Lomba Masak Nasi Goreng di KBRI Addis Ababa

    Willy Haryono - 23 Desember 2019 07:19 WIB
    Kemeriahan Lomba Masak Nasi Goreng di KBRI Addis Ababa
    Lomba memasak nasi goreng di Taman Indonesia di KBRI Addis Ababa, Ethiopia, Minggu 22 Desember 2019. (Foto: KBRI Addis Ababa)
    Addis Ababa: Perayaan Hari Ibu pada 22 Desember 2019 di Addis Ababa, Ethiopia, tidak hanya ditandai upacara di Kedutaan Besar RI Addis Ababa. KBRI bersama Darma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Addis Ababa juga menyelenggarakan lomba memasak nasi goreng. 

    Sejumlah pemuda Ethiopia yang tergabung dalam enam tim campuran dengan masyarakat Indonesia ikut dalam lomba dan berhasil menjadi juara.

    Lomba memasak nasi goreng diselenggarakan di ruang terbuka, yakni Taman Indonesia di KBRI Addis Ababa. Acara ini diikuti oleh masyarakat Indonesia dan Ethiopia.
     
    Perlombaan tidak hanya disaksikan masyarakat Indonesia, namun juga sekitar 70 pemuda Ethiopia. Nasi goreng adalah masakan Indonesia yang sangat digemari masyarakat Ethiopia, terutama mereka yang pernah datang ke Tanah Air.

    "Kenapa nasi goreng? Karena sangat terkenal dan menjadi ikon Indonesia. Rasanya enak dan mudah dimasak. Banyak Duta Besar negara sahabat di Addis Ababa yang mengenal nasi goreng mengatakan kepada saya secara bercanda, bahwa mereka hanya mau datang ke kediaman saya apabila ada nasi goreng Indonesia," kata Duta Besar Al Busyra Basnur, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Senin 23 Desember 2019.

    "Ini pengalaman luar biasa. Saya belum pernah memasak nasi goreng. Tetapi saya bisa melakukannya dengan baik setelah mendapat petunjuk singkat dari teman Indonesia di dalam tim. Hasilnya, rasa nasi goreng yang saya buat enak. Masakan saya habis dimakan anak muda Ethiopia yang menjadi penonton setelah dinilai juri," kata Aby Melekot, peserta lomba pemuda Ethiopia.

    Kemeriahan Lomba Masak Nasi Goreng di KBRI Addis Ababa
    Pemuda Ethiopia mengikuti lomba memasak nasi goreng. (Foto: KBRI Addis Ababa)

    :Setelah tahu bagaimana cara memasak nasi goreng, saya akan menjadikan nasi goreng sebagai bagian dari menu rutin saya di rumah, karena rasanya enak dan mudah membuatnya," kata Betty, seorang peserta Ethiopia lain. 

    Juri lomba terdiri dari enam orang, yaitu Ketua dan anggota DWP KBRI Addis Ababa, Wenny Busyra, Aan Sugeng dan Imelda Juang. Sementara tiga juri lainnya adalah ibu-ibu warga negara Ethiopia yang sudah bekerja selama 30, 41 dan 51 tahun di Wisma kediaman Duta Besar RI. Mereka adalah Ashu Demma (bekerja di kediaman Dubes RI sejak 1967), Almash Negushe (sejak 1979) dan Askale Waldarufail (sejak 1989).

    "Ketiga ibu-ibu Ethiopia yang bekerja di kediaman Duta Besar RI sangat pintar memasak masakan Indonesia. Jika banyak tamu yang datang, mereka ikut membantu membuat dan menghidangkan masakan Indonesia bersama-sama Chef Duta Besar RI, Adi Putra Candra, yang datang langsung dari Indonesia," kata Ketua DWP Addis Ababa, Wenny Busyra.

    Kemeriahan Lomba Masak Nasi Goreng di KBRI Addis Ababa
    Deretan nasi goreng buatan peserta. (Foto: KBRI Addis Ababa)



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id