AS Klaim Sedikit Lagi Capai Perjanjian dengan Taliban

    Willy Haryono - 01 September 2019 11:08 WIB
    AS Klaim Sedikit Lagi Capai Perjanjian dengan Taliban
    Utusan Khusus AS untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad di Doha, Qatar, 8 Juli 2019. (Foto: AFP/KARIM JAAFAR)
    Doha: Utusan Khusus Amerika Serikat untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad mengklaim bahwa sudah hampir mencapai kesepakatan dengan kelompok militan Taliban. Selama ini, kedua kubu terus bernegosiasi dalam mencari cara mengakhiri konflik bersenjata di Afghanistan yang telah berlangsung selama 18 tahun.

    Negosiasi yang berlangsung selama beberapa putaran ini digelar di Doha, Qatar. Inti dari kesepakatan yang ingin dicapai adalah jaminan keamanan dari Taliban, dan pengurangan signifikan dari 13 ribu personel militer AS di Afghanistan.

    "Saat ini kami berada di ambang batas perjanjian, yang akan mengurangi aksi kekerasan dan membuka pintu bagi warga Afghanistan untuk duduk bersama membicarakan perdamaian," tulis Khalilzad di Twitter, dilansir dari AFP, Minggu 1 September 2019.

    Khalilzad menambahkan dirinya akan bertolak menuju Kabul hari ini untuk "melakukan konsultasi."

    Pasukan AS kali pertama dikirim ke Afghanistan usai serangan teroris yang dilancarkan AS pada 11 September 2001. Saat itu, al-Qaeda berlindung di bawah rezim Taliban terdahulu.

    Washington kini ingin mengakhiri keterlibatan militer di Afghanistan, dan telah bernegosiasi dengan Taliban sejak 2018. Negosiasi damai hanya berlangsung antar keduanya, karena Taliban menolak berdialog langsung dengan pemerintah Afghanistan.

    Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pernah berkata bahwa dirinya berharap perjanjian dengan Taliban dapat diselesaikan sebelum 1 September, menjelang pemilihan umum di Afghanistan bulan ini.

    Juru bicara Taliban di Doha, Suhail Shaheen, mengatakan bahwa perjanjian ini "sudah hampir mencapai final." Perjanjian akan berkutat seputar penarikan pasukan AS dari Afghanistan dan jaminan keamanan dari Taliban.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id