Presiden Nikaragua Tunjuk Istri sebagai Cawapres

    Willy Haryono - 03 Agustus 2016 12:50 WIB
    Presiden Nikaragua Tunjuk Istri sebagai Cawapres
    Presiden Nikaragua Daniel Ortega (kiri) dan istrinya, Rosario Murillo. (Foto: AFP)
    medcom.id, Managua: Presiden Nikaragua Daniel Ortega menunjuk istrinya sebagai calon wakil presiden dalam upayanya kembali berkuasa untuk periode ketiga. 

    Ibu Negara Rosario Murillo sudah memiliki jabatan berpengaruh sebagai juru bicara pemerintahan Nigaragua. 
    Sejumlah kritik menuding pasangan suami istri tersebut menjalankan kekuasaan seperti perusahaan sendiri. Ortega jarang muncul di televisi, namun istrinya muncul di televisi hampir setiap hari untuk mendiskusikan masalah politik dan lainnya. 

    Ibu dari tujuh anak, Murillo fasih berbahasa Inggris dan Prancis, serta juga mahir melantunkan puisi. Ia dikenal senang mengenakan baju berwarna-warni dan perhiasan era 1960-an. 

    Sejumlah koresponden mengatakan banyak warga Nikaragua menilai Murillo jauh lebih berkuasa dari suaminya karena memiliki popularitas tinggi. 

    Seperti dikutip BBC, Selasa (2/8/2016), Ortega dan Murillo menyerahkan dokumen pencalonan diri mereka ke komisi pemilihan umum di Managua. Ratusan pendukung pasangan tersebut bersorak gembira di luar gedung. 

    Namun sejumlah oposisi khawatir pencalonan Murillo sebagai cawapres berisiko memunculkan sebuah dinasti keluarga dalam perpolitikan di Nikaragua, negara miskin di Amerika Tengah. 

    Ortega, 71, adalah mantan gerilyawan sayap kirip yang sukses memimpin revoluasi melawan kediktatoran keluarga Somoza, yang sudah menguasai Nikaragua selama empat dekade. 



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id