Israel Waspadai Wacana Pertemuan Trump dan Rouhani

    Marcheilla Ariesta - 27 Agustus 2019 11:36 WIB
    Israel Waspadai Wacana Pertemuan Trump dan Rouhani
    Presiden AS Donald Trump membuka kesempatan untuk bertemu Presiden Iran Hassan Rouhani. (Foto: AFP).
    Tel Aviv: Mantan Perdana Menteri Israel Ehud Barak mengatakan wacana pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Iran Hassan Rouhani adalah 'lampu merah' bagi negaranya. Dia menilai Perdana Menteri Israel saat ini, Benjamin Netanyahu, terlalu bergantung pada kebijakan Trump.

    "Perubahan sikap Trump ke arah Iran, termasuk kemungkinan terjadinya pertemuan di level presiden, merupakan lampu merah bagi kita semua. Ini merupakan peringatan bahwa Netanyahu terlalu bergantung pada Presiden Trump," tulis Barak di Twitter, dilansir dari Times of Israel, Selasa, 27 Agustus 2019.

    "Di Korea Utara, kami melihat ancaman perang yang berakhir dengan pelukan, kebuntuan negosiasi, dan pelukan lagi. Hal sama bisa terjadi dengan Iran," imbuh Barak, merujuk pada pertemuan antara Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un.

    Baca juga: Donald Trump Siap Bertemu Presiden Iran

    Dia menilai Israel akan menghadapi berbagai tantangan kompleks jika pemerintahan Trump terus bersikap tidak jelas seperti ini. Terlebih, imbuh Barak, jika AS menarik diri dari Timur Tengah.

    Trump mengaku siap bertemu Rouhani beberapa pekan ke depan.  Pernyataan disampaikan Trump di sela KonferensI Tingkat Tinggi Group of Seven (G7) di Biarritz, Prancis, Senin 26 Agustus 2019.
     
    Sementara Presiden Prancis Emmanuel Macron sebagai tuan rumah KTT G7 kali ini menawarkan diri untuk menjadi mediator pertemuan antara Trump dan Rouhani.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id