Benjamin Netanyahu Resmi Jadi PM Terlama Israel

    Willy Haryono - 20 Juli 2019 19:14 WIB
    Benjamin Netanyahu Resmi Jadi PM Terlama Israel
    PM Israel Benjamin Netanyahu. (Foto: AFP)
    Tel Aviv: Benjamin Netanyahu resmi menjadi perdana menteri dengan masa jabatan terlama di Israel. Hingga Sabtu 20 Juli 2019, Netanyahu tercatat telah memimpin selama 4.876 hari -- 24 jam lebih lama dari PM pertama Israel, David Ben Gurion.

    Dilansir dari laman BBC, Netanyahu mengamankan posisi PM untuk kali kelima tahun ini. Namun dia menyerukan pemilihan umum baru setelah gagal membentuk pemerintahan.

    Baca: Netanyahu Kembali Memenangkan Pemilu Israel

    Saat ini Netanyahu tengah menghadapi rangkaian tuduhan korupsi dan juga seruan untuk mengundurkan diri. Dia membantah segala tuduhan, dan menyebut semua itu hanya permainan politik.

    Netanyahu kali pertama menang dalam pemilu 1996. Kala itu, ia menjadi PM termuda Israel di usia 46 tahun. Sebagai kepala partai sayap kanan Likud, Netanyahu memiliki reputasi sebagai tokoh garis keras terhadap proses perdamaian Israel-Palestina.

    Meski dia melakukan langkah penarikan sebagian dari kota Hebron di Tepi Barat pada 1998 -- menyerahkan hampir semua wilayah ke Otoritas Palestina -- dia adalah penentang Solusi Dua Negara dalam konflik Israel-Palestina.

    Dia pernah mendeklarasikan tidak akan membiarkan adanya evakuasi lebih lanjut kaum Yahudi selama masa pemerintahannya. Ia juga bertekad tidak akan membiarkan Palestina mendirikan negara berdaulat.

    Meski Netanyahu -- atau biasa juga dipanggil Bibi -- populer di basis partainya, dia akan tokoh kontroversial di Israel. Sejumlah kritik di negaranya memandang Netanyahu sebagai sosok yang rentan melakukan korupsi dan juga anti-demokrasi.

    Ia pernah menghadapi perlawanan ketat dari sejumlah tokoh politik yang berusaha menggulingkannya dalam pemilu pada 17 September lalu. Dua rival berat Netanyahu kala itu adalah mantan PM Ehud Barak dan juga bekas kepala staf militer Israel Benny Gantz.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id