Rouhani: Iran Akan Melanjutkan Pengayaan Uranium

    Marcheilla Ariesta - 06 November 2019 06:06 WIB
    Rouhani: Iran Akan Melanjutkan Pengayaan Uranium
    Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan pengayaan nuklir Iran akan terus berlanjut. (Foto: AFP).
    Teheran: Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa negaranya akan terus melanjutkan pengayaan uranium. Pengayaan akan dilakukan di pabrik bawah tanah di selatan Teheran. 

    "Kami akan mulai menyuntikkan gas (uranium hexafluride) di Fordow," kata Rouhani dalam pidato di televisi pemerintah, dikutip dari AFP, Rabu, 6 November 2019.

    Ini adalah langkah terbaru Iran sejak Amerika Serikat (AS) menarik diri dari perjanjian 2015 yang bermasalah. Semua pabrik pengayaan di Fordow ditangguhkan sebagai pembatasan kegiatan nuklir mereka.

    Namun, pengabaian Washington atas kesepakatan tersebut tahun lalu, diikuti dengan penerapan sanksi kembali mendorong Iran untuk memulai penangguhan terhadap komitmen mereka sendiri.

    Di bawah ketentuan perjanjian, Iran mempertahankan lebih dari 1.000 sentrifugal generasi pertama di pabrik Fordow.

    Sebelumnya, Kepala Organisasi Energi Atom Iran, Ali Akbar Salehi mengatakan produksi pengayaan uranium Teheran telah meningkat 10 kali lipat. Dia menambahkan produksi pengayaan uranium negaranya kini mencapai lima kilogram per hari, dari hanya 450 gram dua bulan lalu.

    Status JCPOA menjadi tidak jelas usai Presiden Donald Trump menarik AS dari perjanjian tersebut. Tidak hanya menarik diri, Trump juga menjatuhkan rangkaian sanksi baru kepada Iran.
     
    Geram atas tindakan AS, Iran pun turut melanggar JCPOA dan bertekad menambah pengayaan uranium. Peningkatan produksi ini dimungkinkan karena Iran menggunakan dua mesin sentrifugal terbaru, salah satunya terlarang dalam JCPOA.



    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id