Pusat Kesehatan di Gaza Terima Bantuan Alat Kesehatan Indonesia

    Fajar Nugraha - 05 Desember 2019 19:24 WIB
    Pusat Kesehatan di Gaza Terima Bantuan Alat Kesehatan Indonesia
    Jabalia Medical Center di Gaza utara terima bantuan alat kesehatan dari Indonesia. Foto: Abdillah Onim
    Gaza: Krisis obat dan alat kesehatan masih dialami oleh seluruh pusat layanan kesehatan di kota Gaza. Ini adalah efek dari blokade serta minimnya bantuan kemanusiaan untuk para pasien serta keluarga miskin di Gaza.

    Yayasan Nusantara Palestine Center (NPC) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Indonesia Amman di Yordania berhasil menyerahkan alat kesehatan yaitu mesin pemeriksaan dan pendeteksi penyakit dalam dan penyakit jantung. Mereka juga meresmikan ruang pusat pemeriksaan penyakit jantung dan penyakit dalam di salah satu pusat layanan kesehatan yang baru dibangun dan baru diresmikan yakni, Jabalia Medical Center di Gaza utara.

    “Pusat pelayanan kesehatan yang baru diresmikan terletak di Kota Jabalia di tengah pemukiman penduduk miskin di Gaza utara. Disertai alat kesehatan yang disumbangkan oleh Indonesia community senilai Rp350.000.000 akan dimanfaatkan oleh keluarga miskin khusus di Gaza utara dan satu-satunya alat modern yang baru dihadirkan itu siap melayani pasien secara gratis,” ujar relawan Indonesia yang berada di Gaza, Abdillah Onim, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Kamis, 5 Desember 2019.

    “Hingg saat ini jumlah  keluarga miskin yang berobat di pusat pelayanan kesehatan dan ruang pusat pemeriksaan penyakit dalam, setiap harinya mencapai 80 orang pasien,” imbuhnya.

    Alat kesehatan dari masyarakat Indonesia tersebut diserahkan langsung dan diterima oleh dokter spesialis penyakit jantung Dr Majdi Syonnat.

    “Terima kasih dan bersyukur kepada masyarakat Indonesia yang selalu memberikan dukungan untuk rakyat Palestina. Kami ucapkan terima kasih khususnya kepada KBRI Amman Yordania dan Yayasan NPC selama ini rutin memberikan bantuan khusus kepada para pasien,” ucap Dr Syonnat.

    Selain penyerahan bantuan alat kesehatan untuk pusat layanan Jabalia, atas permintaan Kementerian Kesehatan Gaza, KBRI Amman Yordania dan NPC segera membuka kembali dapur umum Indonesia di dalam kompleks Rumah Sakit As-Syifa Gaza City. Pembukaan ini dipicu krisis bahan makanan.

    Sebelumnya Yayasan NPC kerja sama dengan KBRI Amman telah menyerahkan bantuan alat kesehatan untuk klinik khusus pengungsi Palestina di Yordania senilai Rp1 Miliar dan juga bantuan bahan makanan.

    Akibat krisis berkepanjangan, kini ribuan pasien terpaksa tak dirawat di rumah sakit karena tidak tersedia obat dan makanan.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id