Anggota Kongres AS Diizinkan Temui Neneknya di Palestina

    Fajar Nugraha - 16 Agustus 2019 18:12 WIB
    Anggota Kongres AS Diizinkan Temui Neneknya di Palestina
    Ilhan Omar dan Rashida Tlaib, anggota Kongres Amerika Serikat (AS) yang dilarang masuk ke Israel. Foto: AFP.
    Tel Aviv: Pemerintah Israel memutuskan untuk memberikan izin masuk kepada anggota Kongres Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Rashida Tlaib. Dia bersama anggota Kongres lainnya Ilhan Olmar dilarang masuk ke Israel.

    Baca juga: Israel Larang Kunjungan Dua Muslim Anggota Kongres AS.

    Israel melarang masuk kepada keduanya karena dukungan mereka terhadap gerakan yang pro-Palestina.

    Kementerian Dalam Negeri Israel pada Jumat mengumumkan bahwa mereka akan membiarkan anggota kongres AS Rashida Tlaib masuk dengan "alasan kemanusiaan”. Pernyataan ini membalikkan keputusan sebelumnya untuk melarangnya dan Ilhan Omar dari mengunjungi negara itu.

    Dalam sebuah surat kepada Menteri Dalam Negeri Arye Dery, Tlaib meminta agar diizinkan masuk ke Israel untuk melihat neneknya tinggal di desa Beit Ur al-Fouqa Palestina di Tepi Barat utara.

    "Ini bisa menjadi kesempatan terakhir saya untuk bertemu dengannya," tulis Tlaib, bersumpah untuk tidak mempromosikan boikot antiIsrael selama dia tinggal di negara itu, seperti dikutip Sputnik, Jumat, 16 Agustus 2019.

    "Tlaib mengirim surat tadi malam kepada Menteri Dery, di mana ia dijanjikan untuk memenuhi permintaan Israel, menghormati batasan yang diberikan kepadanya untuk kunjungan itu dan juga menegaskan bahwa ia tidak akan mempromosikan boikot terhadap Israel selama kunjungannya,"  ujar pihak kementerian dalam sebuah pernyataan Jumat, seperti dikutip oleh Haaretz.

    Arye Dery mengatakan bahwa dia berharap Tlaib menjalankan janjinya dan kunjungan itu hanya untuk sarana kemanusiaan.

    Sebelumnya, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyebut langkah yang sangat tidak biasa terhadap Ilhan Omar dan Rashida Tlaib diperlukan, dengan menuduh bahwa "satu-satunya tujuan mereka adalah untuk membahayakan Israel dan meningkatkan hasutan untuk menentangnya". 

    Baca juga: Dilarang Kunjungi Israel, Anggota Kongres AS Balas Melawan.

    Tlaib dan Omar, keduanya mengkritik pemerintah Israel dipimpin Benjamin Netanyahu, akan berpartisipasi dalam perjalanan pribadi yang diselenggarakan oleh LSM yang dipimpin Palestina untuk mengunjungi Israel dan Tepi Barat, tempat Tlaib memiliki keluarga.
     
    Netanyahu, mengutip dukungan para wanita terhadap gerakan boikot, divestasi, dan sanksi (BDS) terhadap Israel, mengumumkan bahwa ia akan melarang wanita kongres memasuki negaranya.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id