Warga Suriah yang Kabur ke Yordania kembali Pulang

Arpan Rahman - 09 Juli 2018 20:03 wib
Lebih dari 320.000 warga Suriah melarikan diri ke perbatasan
Lebih dari 320.000 warga Suriah melarikan diri ke perbatasan Yordania. (Foto: AFP)

Damaskus: Hampir seluruh warga Suriah yang melarikan diri dari serangan militer ke perbatasan Yordania telah kembali ke rumah masing-masing. Kabar disampaikan salah satu pejabat tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

"Sekitar 150 hingga 200 orang sekarang berada di perbatasan," kata Anders Pedersen, Koordinator Urusan Kemanusiaan PBB di Yordania, seperti dilansir dari BBC, Senin 9 Juli 2018.

Operasi militer di Suriah barat daya telah memaksa lebih dari 320.000 orang melarikan diri ke perbatasan Yordania dalam beberapa pekan terakhir.

Banyak dari warga di area tersebut kini mulai kembali ke rumah masing-masing, menyusul adanya kesepakatan baru antara pasukan pemerintah Suriah dengan pemberontak.

Provinsi Deraa dan Quneitra relatif tenang selama hampir satu tahun karena adanya perjanjian "deeskalasi" antara Amerika Serikat (AS), Yordania dan Rusia.

Namun, Presiden Suriah Bashar al-Assad bertekad merebut kembali dua provinsi tersebut usai mengalahkan pemberontak di wilayah Ghouta Timur pada April.

Tim investigator kejahatan perang dari PBB menuduh pemerintahan Assad dan Rusia secara sistematis mengebom fasilitas medis di beberapa daerah di Suriah. 

Pasukan dua negara itu juga dituduh dengan sengaja menyerang personel medis, termasuk di Ghouta Timur.

Damaskus dan Moskow berulang kali pula membantah tuduhan tersebut.


(WIL)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.