Iran Bersedia Patuhi Perjanjian Nuklir dengan Syarat

    Willy Haryono - 15 Februari 2020 10:13 WIB
    Iran Bersedia Patuhi Perjanjian Nuklir dengan Syarat
    Menlu Iran Mohammad Javad Zarif dalam acara di Teheran, 3 Februari 2020. (Foto: AFP/ATTA KENARE)
    Teheran: Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan, negaranya bersedia mematuhi kembali perjanjian nuklir 2015 dengan syarat: tindakan nyata dari Eropa. Tindakan yang dimaksud adalah menghadirkan sejumlah benefit ekonomi yang "bermakna" bagi Iran.

    Tiga negara Eropa -- Inggris, Prancis dan Jerman -- berusaha menyelamatkan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) usai Amerika Serikat menarik diri perjanjian nuklir tersebut. Iran merespons penarikan diri AS dengan melanggar beberapa poin yang diatur dalam JCPOA.

    Namun Zarif menegaskan bahwa Iran bersedia kembali mematuhi JCPOA jika sejumlah syarat terpenuhi.

    "Kami akan memutuskan apakah tindakan Eropa nantinya dapat memperlambat atau membatalkan apa-apa saja yang sudah kami lakukan," tegas Zarif, dikutip dari AFP.

    Eropa telah menerapkan mekanisme dagang khusus bernama Instex agar dapat menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Iran. Selama ini, Eropa kesulitan berdagang dengan Iran karena terhalang sanksi ekonomi AS.

    Zarif menilai, Instex tidak cukup untuk mendorong perekonomian Iran. "Kami tidak membicarakan mengenai sumbangan sukarela. Kami berbicara mengenai hak masyarakat Iran untuk menerima benefit ekonomi," tutur Zarif.

    "Kami telah mengalami kerugian besar akibat sanksi AS. Tapi kami siap membatalkan sejumlah (pelanggaran JCPOA) jika Eropa bersedia mengambil langkah-langkah yang bermakna bagi Iran," lanjutnya.

    Rangkaian sanksi AS hampir mengisolasi sepenuhnya Iran dari sistem keuangan internasional. Lewat sanksi ini, banyak pihak yang tidak dapat membeli minyak dari Iran. Perekomian Iran pun runtuh dan mengalami resesi parah.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id