Imbal Jasa Lingkungan Indonesia Menemui Titik Terang

    Theofilus Ifan Sucipto - 05 Desember 2019 13:09 WIB
    Imbal Jasa Lingkungan Indonesia Menemui Titik Terang
    National Focal Point Indonesia untuk UNFCCC Ruandha Agung Sugardiman di Gedung Ifema Madrid, Spanyol, Kamis, 5 Desember 2019. Dok. Kementerian LHK.
    Madrid: Pembayaran imbal jasa lingkungan dari internasional kepada Indonesia menemukan titik terang. Indonesia telah mengajukan proposal pencairan dana kepada Conservation Strategy Fund (CSF).

    "Sekarang sedang diasesmen, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita sudah mendapat kabar baik," kata National Focal Point Indonesia untuk UNFCCC Ruandha Agung Sugardiman di Gedung Ifema, Madrid, Spanyol, Kamis, 5 Desember 2019. 

    Proposal itu telah diserahkan kepada CSF pada November 2019. Ruandha mengatakan proses pencairan pembayaran imbal jasa memakan waktu cukup lama.

    Indonesia didampingi United Nation Development Programme (UNDP) Perserikatan Bangsa-bangsa sebelum mengajukan proposal. UNDP memastikan laporan yang dibuat Indonesia bisa dipertanggungjawabkan.

    "Hitung-hitungannya harus siap, data-data harus valid sehingga ketika dicek, datanya betul-betul transparan," tutur Ruandha.

    Ruandha mengatakan pencairan dana imbal jasa lingkungan biasanya memakan waktu setahun. Salah satu negara yang telah mendapatkan imbal jasa lingkungan adalah Paraguay. Negara di Amerika Selatan itu menerima USD50 juta atau sekitar Rp704 miliar.

    Dirjen Pengendalian dan Perubahan Iklim Kementerian LHK itu optimistis pencairan dana lebih cepat dari Paraguay. Ia juga yakin Indonesia menerima dana lebih besar dari Paraguay.

    "Dengan dengan prestasi penurunan emisi kita, kita bisa mendapat USD 100 juta (sekitar Rp 1,4 triliun)," pungkas Ruandha.





    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id