nigeria  

Truk BBM Meledak di Nigeria, 12 Orang Tewas

Arpan Rahman - 13 Januari 2019 12:15 wib
Truk BBM terguling dan terbakar di Odukpani, Nigeria, Jumat 11
Truk BBM terguling dan terbakar di Odukpani, Nigeria, Jumat 11 Januari 2019. (Foto: AFP)

Odukpani: Sedikitnya 12 orang tewas saat sebuah truk pengangkut bahan bakar minyak yang terguling di Nigeria meledak. Ledakan terjadi saat puluhan orang berada di sekitar truk untuk mengambil tumpahan BBM.

Ratusan orang tewas dalam peristiwa serupa dalam beberapa tahun terakhir di Nigeria, negara penghasil minyak terbanyak di benua Afrika. Sebagian warga sering mempertaruhkan nyawa untuk mengambil BBM yang bocor dari truk atau jaringan pipa penyalur.

Baca: Truk Tanki Gas Meledak, Lebih dari 100 Orang Dilaporkan Tewas

Tragedi terbaru ini terjadi pada Jumat 11 Januari malam di kota Odukpani di negara bagian Cross River. "Kami telah menemukan 12 jasad manusia dan membawa 22 lainnya yang mengalami luka bakar serius," ucap juru bicara kepolisian Odukpani Irene Ugbo, seperti disitir dari laman Metro.co.uk, Sabtu 12 Januari 2019.

Namun sejumlah saksi mata menyebut jumlah korban tewas mendekati 60 orang. "Polisi hanya menemukan beberapa jenazah. Banyak korban tewas yang hangus terbakar hingga menjadi abu," tutur Richard Johnson, seorang saksi mata.

Johnson menyebut sekitar 60 orang berada di sekitar truk untuk mengambil tumpahan BBM saat ledakan terjadi. "Hampir mustahil mereka semua bisa selamat," ungkap dia, yang menduga ledakan terjadi akibat aliran listrik dari sebuah generator di dekat truk.

Hingga saat ini belum diketahui pasti bagaimana truk itu bisa terguling dan mengalami kebocoran. Sekitar satu tahun lalu, lebih dari 30 orang di wilayah yang sama tewas terbakar saat mengambil tumpahan BBM dari sebuah truk.

Kecelakaan terburuk di Nigeria terjadi pada 1998, saat lebih dari 1,000 orang tewas saat mereka sedang mengambil minyak yang bocor dari jaringan pipa penyalur di kota Jesse.


(WIL)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.