Israel Gelar Pemilu Ulang

    Sonya Michaella - 31 Mei 2019 08:14 WIB
    Israel Gelar Pemilu Ulang
    Israel akan gelar pemilu ulang pada September. (Foto: AFP)
    Tel Aviv: Israel disebut akan menggelar pemilihan umum ulang pada 17 September 2019. Pemilu ulang ini akibat perdana menteri terpilih sekaligus petahana, Benjamin Netanyahu, gagal membentuk koalisi.

    Pembentukan koalisi yang gagal ini terjadi pada tengah malam tadi waktu setempat di mana hasil jajak pendapat di kalangan yudikatif Israel memutuskan agar parlemen dibubarkan.

    Jumlah anggota yang memilih pembubaran parlemen sebanyak 75 orang mengalahkan 45 orang yang tidak setuju. Jajak pendapat di parlemen ini dilakukan beberapa menit menuju tenggat waktu yang diberikan untuk Netanyahu membentuk koalisi.

    Dilansir dari AFP, Jumat 31 Mei 2019, meski Partai Likud --tempat Netanyahu bernaung-- telah mengumpulkan separuh jumlah dari anggota parlemen, jumlah tersebut tetap tak bisa membantuk pemerintahan.

    Baca: Netanyahu Kembali Memenangkan Pemilu Israel

    Salah satu pemicu kegagalan Netanyahu adalah adanya ketegangan dirinya dengan mantan Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman dan kelompok Yahudi yang ortodoks. 

    Kedua kubu tidak menemukan titik temu soal pembebanan para cendekiawan agama muda. Kelompok ortodoks menginginkan mereka bebas dari wajib militer di Israel, namun Lieberman dan mayoritas warga Israel lainnya ingin mereka tetap dibebani tugas yang sama.

    Selain itu, kasus korupsi yang menjerat Netanyahu dan istrinya juga diangkat di parlemen, semalam. Namun, Netanyahu membantah keras.

    Netanyahu kembali memenangkan pemilu pada 9 April lalu. Jika dia memenangkan pemilu ulang mendatang, Netanyahu akan memimpin Israel selama satu dekade terakhir.




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id