Gempa Bumi Magnitudo 7,7 Guncang Kepulauan Karibia

    Willy Haryono - 29 Januari 2020 07:33 WIB
    Gempa Bumi Magnitudo 7,7 Guncang Kepulauan Karibia
    Ratusan warga Havana berhamburan ke jalan usai merasakan guncangan yang dipicu gempa magnitudo 7,7 di Kepulauan Karibia, Selasa 28 Januari 2020. (Foto: AFP/ADALBERTO ROQUE)
    Karibia: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,7 mengguncang Kepulauan Karibia antara Jamaika dan Kuba, Selasa 28 Januari malam waktu setempat. Guncangan sempat memicu peringatan gelombang tsunami, dan juga membuat ratusan orang berhamburan ke jalanan kota Havana.

    Kuatnya guncangan bahkan terasa hingga ke Amerika Serikat. Polisi di Miami bahkan sempat mengevakuasi warga dari sejumlah bangunan untuk menghindari jatuhnya korban.

    Badan Survei Geologi AS (USGS) mencatat gempa tersebut berlokasi sekitar 125 kilometer dari Jamaika, dengan kedalaman 10 km. Beberapa jam usai guncangan perdana, gempa magnitudo 6,1 mengguncang lepas pantai Kepulauan Caymand.

    Dikutip dari AFP, Rabu 29 Januari 2020, USGS menyebut kecil kemungkinan dua gempa ini menelan korban atau menimbulkan kerusakan bangunan.

    Pusat Peringatan Tsunami Pasifik awalnya mengeluarkan pernyataan bahwa gempa di Karibia berpotensi memicu gelombang tsunami setinggi 0,3 hingga 1 meter. Gelombang tersebut diestimasi melanda pesisir Jamaika, Belize, Kuba, Honduras, Meksiko dan Kepulauan Cayman.

    Namun sekitar dua jam kemudian, peringatan tsunami dicabut.

    Guncangan perdana di Karibia memicu evakuasi warga dari sejumlah bangunan tinggi di Havana, ibu kota Kuba. Gempa dirasakan di beberapa provinsi, termasuk Guantanamo dan Santiago de Cuba.

    "Saya merasakan rumah saya bergetar, dan menyadari bahwa ini adalah gempa bumi," kata Jawara Rawjers, seorang warga di Kingston, Jamaika.

    "Getaran berlangsung sekitar 20 detik. Saya melihat jam, dan saat itu pukul 14.12," lanjutnya.

    Machel Emanuel, seorang dokter di kota yang sama, menambahkan: "saya sedang berada di lantai dua kala itu, dan saya merasa bangunannya seperti bergoyang."

    Banyak warga Jamaika menuliskan apa yang mereka rasakan di media sosial. Sementara di Miami, kepolisian setempat mengaku harus mengevakuasi warga dari sejumlah bangunan demi alasan keamanan.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id