Ledakan Guncang Markas Koalisi AS di Baghdad

    Willy Haryono - 16 Februari 2020 09:29 WIB
    Ledakan Guncang Markas Koalisi AS di Baghdad
    Kedubes AS d Baghdad, Irak. (Foto: AFP)
    Baghdad: Sejumlah ledakan mengguncang sebuah pangkalan militer koalisi pimpinan Amerika Serikat di Baghdad, Irak, Minggu 16 Februari 2020. Dikutip dari Al Arabiya, seorang pejabat militer AS mengatakan bahwa ledakan kemungkinan berasal dari sebuah serangan roket.

    Ia tidak menyebut apakah serangan ini telah menimbulkan korban jiwa atau kerusakan signifikan terhadap bangunan. Ini merupakan serangan ke-19 terhadap aset-aset AS di Irak sejak akhir Oktober 2019.

    Sebelumnya, koresponden Al Arabiya melaporkan adanya ledakan kuat di dekat Kedutaan Besar AS di Baghdad. Kedubes berlokasi di Green Zone, sebuah area diplomatik yang sering menjadi target serangan kelompok militan.

    Ledakan kuat di dekat Kedubes AS tersebut telah memicu sirene peringatan yang menyala di seantero Green Zone.

    Dalam beberapa peristiwa terdahulu, AS menuduh milisi Irak yang didukung Iran sebagai pihak di balik serangan roket di Green Zone. Serangan terjadi dari waktu ke waktu, dan terkadang mengenai area Kedubes AS.

    Awal Januari lalu, dua roket jatuh di Green Zone. Serangan terjadi 24 jam setelah Iran menembakkan belasan misil balistik ke pangkalan-pangkalan yang menampung pasukan AS di Irak.

    Serangan Iran merupakan balasan atas kematian jenderal Qassem Soleimani. Soleimani tewas dalam serangan udara AS di dekat bandara Baghdad pada 3 Januari.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id