comscore

Komitmen Pada Kemanusiaan, OKI Serukan Bantuan Internasional untuk Afghanistan

Marcheilla Ariesta - 20 Desember 2021 01:12 WIB
Komitmen Pada Kemanusiaan, OKI Serukan Bantuan Internasional untuk Afghanistan
Menlu Retno Marsudi dalam pernyataan pers usai pertemuan OKI di Islamabad, Pakistan./Kemenlu RI
Islamabad: Pertemuan para menteri luar negeri Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang membahas isu Afghanistan, menghasilkan dua dokumen. Indonesia terlibat aktif dalam proses perundingan dokumen hasil pertemuan tersebut.

"Pertama, resolusi situasi kemanusiaan di Afghanistan. Kedua, Deklarasi Islamabad Atas Masalah di Palestina dan Al Quds Al-Sharif," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai pertemuan tersebut, Minggu, 19 Desember 2021.
Retno mengatakan kedua hasil tersebut bentuk perhatian besar Indonesia terhadap rakyat Afghanistan. Ia menjelaskan inti dari kedua hasil pertemuan tersebut dalam pengarahan pers.

Inti dari Resolusi Situasi Kemanusiaan di Afghanistan, antara lain, mendorong badan PBB yang relevan bekerja sama dengan OKI terkait penyaluran bantuan kemanusiaan ke Afghanistan. Dalam dokumen ini, OKI menyerukan masyarakat internasional mengirimkan bantuan kemanusiaan ke negara tersebut.

OKI juga menyerukan memperkuat kantor mereka di Kabul, Afghanistan, agar dapat memfasilitasi penyaluran bantuan kepada rakyat. OKI juga menetapkan sekretaris jenderal mereka berkoordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengamankan pasokan vaksin dan obat-obatan yang dibutuhkan untuk penanganan pandemi covid-19.

Baca: RI Tekankan OKI Punya Peran Besar Terkait Situasi di Afghanistan

OKI menekankan pentingnya upaya memberantas terorisme dan memastikan Afghanistan tidak dijadikan tempat untuk aktivitas terorisme. OKI membentuk Humanitarian Trust Fund untuk Afghanistan di bawah IDB.

Organisasi ini juga menunjuk Asisten Sekjen Kemanusiaan, Budaya, dan Urusan Keluarga sebagai utusan khusus OKI untuk Afghanistan.

"Adapun outcome documen kedua pada intinya menekankan kembali dukungan OKI terhadap perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina," ujar Retno. 

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id