Balas Serangan, Turki Bunuh Enam Prajurit Suriah

    Willy Haryono - 03 Februari 2020 15:22 WIB
    Balas Serangan, Turki Bunuh Enam Prajurit Suriah
    Pasukan Suriah berpatroli di area Tallet el Abyad, Aleppo, 30 Januari 2020. (Foto: AFP/STR)
    Idlib: Sedikitnya enam prajurit Suriah tewas terkena serangan balasan dari Turki di wilayah Idlib, Senin 3 Februari 2020. Sebelumnya, empat tentara Turki tewas dalam serangan serupa yang dilancarkan rezim Suriah.

    Menurut keterangan grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights (SOHR), seperti dilansir dari AFP, serangan Turki di kota Saraqeb juga melukai sekitar 20 prajurit Suriah.

    Berbeda dari SOHR, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengklaim serangan balasan terhadap Suriah telah mene waskan sekitar 30 hingga 35 tentara. Ia menyerukan Rusia, sekutu dekat Suriah, untuk tidak ikut campur dalam urusan ini.

    Aksi saling serang ini merupakan konfrontasi langka antara pasukan Suriah dan Turki. Ketegangan antar keduanya berpotensi memicu eskalasi serius di Idlib, yang dalam beberapa pekan terakhir terus digempur serangan udara Suriah dan Rusia.

    Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Turki mengatakan, para tentara tetap diserang meski Ankara telah berkoordinasi mengenai lokasi pasukan mereka di Suriah.

    Turki memiliki 12 pos observasi di kawasan sebagai bagian dari perjanjian Turki-Rusia untuk mencegah terjadinya operasi penyerangan oleh pasukan Suriah.
     
    Kematian empat prajurit terjadi saat media lokal melaporkan pada akhir pekan kemarin bahwa militer Turki telah mengirim bala bantuan ke kawasan. Tujuan pengiriman adalah memperkuat pasukan di 12 pos observasi.
     
    Pasukan Suriah, didukung oleh serangan udara Rusia, telah meningkatkan serangannya di Idlib dalam beberapa pekan terakhir. Idlib merupakan benteng pertahanan terakhir kelompok pemberontak dan ekstremis di Suriah.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id