Rudal Tembaki Pangkalan Militer AS di Irak

    Marcheilla Ariesta - 14 Februari 2020 09:40 WIB
    Rudal Tembaki Pangkalan Militer AS di Irak
    Pangkalan militer Irak, Ain al-Asad yang menampung pasukan AS diserang rudal pada Januari lalu. (Foto: AFP).
    Baghdad: Sebuah rudal menghantam pangkalan militer yang menampung pasukan Amerika Serikat di dekat Kirkuk, Irak. Menurut pejabat militer Irak, serangan tersebut menyebabkan beberapa kerusakan.

    "Pasukan keamanan sedang melakukan operasi pencarian pelaku penyerangan. Kami menemukan peluncur yang membawa 11 rudal dan belum ditembakkan," kata pejabat militer tersebut, dilansir dari laman The Epoch Times, Jumat, 14 Februari 2020.

    Pangkalan militer di Kirkuk memang menampung pasukan AS. Serangan rudal serupa juga terjadi pada Desember lalu dan menewaskan seorang kontraktor Amerika.

    Dalam serangan Desember lalu, sekitar 30 rudal dilaporkan ditembakkan ke markas K-1. Hizbullah dituduh sebagai pelaku penyerangan tersebut.

    Januari lalu, usai pembunuhan Jenderal Qassem Soleimani, Iran melancarkan serangan ke pangkalan militer yang menampung pasukan AS. Akibat serangan itu, sekitar 100 tentara AS mengalami cidera otak ringan.

    Pangkalan K-1, terletak di barat laut Kirkuk di Irak utara. Pangkalan ini dibangun Pemerintah Irak sebelum diambil alih oleh pasukan AS menyusul invasi 2003 yang menggulingkan Saddam Hussein.

    Pada 2014, pangkalan itu sempat diduduki kelompok teror Islamic State (ISIS), namun mereka berhasil ditendang pasukan Kurdi. Kini pangkalan tersebut dikendalikan pasukan khusus Irak untuk menjamu pasukan AS dan koalisi dalam melawan ISIS di negara tersebut.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id