Kebakaran Hutan di Australia Hanguskan Puluhan Rumah

    Willy Haryono - 09 Oktober 2019 08:29 WIB
    Kebakaran Hutan di Australia Hanguskan Puluhan Rumah
    Asap dari kebakaran hutan di Queensland, Australia, 10 September 2019. (Foto: AFP/HANDOUT)
    New South Wales: Sekitar 30 rumah telah hancur atau rusak parah akibat terkena dampak kebakaran hutan di New South Wales, Australia. Kebakaran terjadi di seantero New South Wales dan juga Queensland pada Selasa 8 Oktober, saat temperatur melonjak hingga 40 derajat Celcius di beberapa titik.

    Otoritas New South Wales mengatakan satu warga terluka parah akibat terkena kobaran api. Namun kondisinya diprediksi membaik pada hari ini, Rabu 9 Oktober 2019.

    Dikutip dari BBC, sejumlah area di Australia timur telah dilanda kebakaran hutan sejak September lalu saat musim panas dimulai.

    Kebakaran hutan di Australia saat ini diestimasi telah menghanguskan lebih dari 100 ribu hektare lahan. Di beberapa area, kebakaran hutan berkobar selama lebih dari lima pekan.

    Seorang pejabat di New South Wales mengatakan puluhan rumah ambruk atau rusak parah akibat kebakaran hutan di kota Rappville dan area sekitarnya. Sebuah rumah di Laidley, Queensland, juga dikonfirmasi hangus dilalap api.

    "Saya kehilangan rumah, gudang, semuanya," ucap Danny Smith, seorang warga Rappville, kepada awak media. Satu pria lainnya harus diterbangkan ke rumah sakit akibat mengalami luka bakar serius saat berusaha melindungi rumahnya dari api.

    "Ancaman kebakaran hutan sempat mencapai level bencana, namun kini kembali turun ke kategori ekstrem," kata wakil komisioner pemadam kebakaran Queensland, John Bolger.

    Kebakaran hutan adalah peristiwa tahunan di Australia selama musim semi dan panas. Sejumlah ilmuwan menilai perubahan iklim telah membuat intensitas kebakaran tahunan ini semakin tinggi.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id