Masyarakat Dunia Diminta Merespons Serangan di Kilang Minyak Saudi

    Marcheilla Ariesta - 18 September 2019 06:00 WIB
    Masyarakat Dunia Diminta Merespons Serangan di Kilang Minyak Saudi
    Ilustrasi oleh Medcom.id.
    London: Inggris dan Jerman mendesak komunitas internasional membuat tanggapan kolektif terkait serangan pesawat tak berawak ke kilang minyak Arab Saudi. Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, bersama dengan Kanselir Jerman, Angela Merkel ingin dunia internasional merespons hal itu. 

    "Kedua pemimpin sepakat adanya kebutuhan bekerja sama, dengan mitra internasional untuk menyetujui tanggapan kolektif terkait serangan itu," tutur Downing Street, dilansir dari laman AFP, Selasa, 17 September 2019.

    Akhir pekan lalu, pabrik pemrosesan terbesar di dunia, Abqaiq, diserang. Ladang minyak Khurais yang menampung 5,7 juta barel per hari (bph), atau enam persen dari produksi global, dirobohkan. Akibatnya harga minyak melonjak.

    Amerika Serikat (AS) menyalahkan Iran atas insiden ini. Presiden AS, Donald Trump, mengatakan bahwa Washington siap membantu Arab Saudi, namun mereka akan menunggu kepastian pihak yang bertanggung jawab.

    "Itu adalah serangan yang sangat besar, dan itu bisa dipenuhi dengan serangan, berkali-kali lebih besar. Tentu saja, kelihatannya seperti Iran," tambah Presiden Trump.
     
    Setelah bertemu dengan Trump, Menteri Pertahanan AS Mark Esper juga memilih Iran sebagai kekuatan destabilisasi regional, sementara berhenti secara langsung menuduh Teheran atas serangan itu.
     
    Militer AS, katanya, bekerja dengan para mitranya untuk "mengatasi serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dan mempertahankan tatanan berdasarkan aturan internasional yang sedang dirusak oleh Iran."

    Sementara itu, Johnson dan Merkel menekankan pentingnya menghindari meningkatnya ketegangan di kawasan.

    Serangan akhir pekan ini telah meningkatkan ketegangan di kawasan. Konflik di kawasan Teluk dapat menempatkan sebagian besar pasokan energi global dalam risiko.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id