Penumpang Ethiopian Airlines ET302 Berasal dari 33 Negara

    Willy Haryono - 10 Maret 2019 19:19 WIB
    Penumpang Ethiopian Airlines ET302 Berasal dari 33 Negara
    Sebuah pesawat Ethiopian Airlines terparkir di bandara Nairobi, Kenya. (Foto: AFP/Simon Maina)
    Addis Ababa: Tidak ada korban selamat dalam kecelakaan pesawat maskapai Ethiopian Airlines di Addis Ababa, Minggu 10 Maret 2019. Total penumpang pesawat dengan nomor penerbangan ET302 itu adalah 149, sementara krunya delapan orang.

    Direktur Komunikasi Ethiopian Airlines Asrat Begashaw mengatakan pihaknya meyakini semua penumpang dan kru "dalam kecelakaan pesawat pagi ini sudah meninggal dunia."

    "Terdapat 33 kewarganegaraan berbeda di dalam pesawat tersebut," sambung dia, seperti dilansir dari laman BBC.

    Sementara itu surat kabar nasional Tiongkok, Global Times, melaporkan bahwa delapan warganya ada di dalam pesawat Ethiopian Airlines ET302. Berita ini langsung beredar luas di media sosial Negeri Tirai Bambu.

    Kalimat "Kecelakaan Pesawat Ethiopian Airlines menewaskan delapan warga Tiongkok" menjadi topik ketiga terpopuler di situs Sina Weibo saat ini.

    Kabar pertama mengenai kecelakaan terbaru muncul saat Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed mengungkapkan "belasungkawa mendalam" via akun Twitter. Presiden Kenya Uhuru Kenyatta juga mengungkapkan rasa duka cita mendalam.
     
    "Kami sangat sedih mendengar berita adanya pesawat Ethiopian Airlines yang dilaporkan jatuh enam menit usai lepas landas menuju Kenya. Doa saya sampaikan kepada keluarga dan kerabat semua korban," ungkap Presiden Kenyatta. Wakil Presiden Kenya juga mengucapkan belasungkawa mendalam.
     
    Di monitor besar di Bandara Internasional Jomo Kenyatta, seorang editor BBC melihat status pesawat Ethiopian Airlines ET302 "dibatalkan."

    Boeing, selaku perusahaan pembuat pesawat, mengaku "sangat sedih" usai mendengar kabar mengenai kematian semua penumpang dan kru penerbangan ET302. 

    "Sebuah tim teknis Boeing sedang bersiap memberikan bantuan jika diminta, dan saat ini sedang berada di bawah arahan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat," ungkap Boeing dalam pernyataan resminya.

    Tipe pesawat Ethiopian Airlines ET302 ternyata sama dengan Lion Air JT610 yang jatuh pada 29 Oktober tahun lalu. Tipe kedua pesawat itu adalah Boeing 737 Max 8.

    Boeing 737 Max 8 adalah produk relatif baru keluaran Boeing, yang telah diluncurkan pada 2016. Tipe tersebut dimasukkan dalam jajaran pesawat Ethiopian Airlines pada Juli 2018.

    Baca: Tipe Pesawat Ethiopia yang Jatuh Sama dengan Lion Air JT610



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id