Pembagian Bantuan di Niger Ricuh, 20 Orang Tewas

    Willy Haryono - 18 Februari 2020 10:23 WIB
    Pembagian Bantuan di Niger Ricuh, 20 Orang Tewas
    Ribuan pengungsi di Niger menggantungkan hidup mereka pada bantuan makanan dan air bersih. (Foto: AFP)
    Diffa: Lima belas wanita dan lima anak-anak tewas terinjak-injak dalam kericuhan saat berlangsungnya pembagian makanan dan uang bagi pengungsi di Niger bagian tenggara. Insiden terjadi di sebuah pusat kebudayaan di Diffa, sebuah kota di Niger yang menampung lebih dari 250 ribu pengungsi.

    "Ada 15 wanita dan lima anak-anak yang tewas dalam peristiwa nahas ini," kata Gubernur Regional Diffa, Issa Lemine, seperti dilansir dari laman AFP, Selasa 18 Februari 2020.

    Relawan penyalur bantuan mengonfirmasi angka korban tewas, dan melaporkan adanya 10 orang yang juga terluka dalam kericuhan.

    Diffa, yang berbatasan dengan Nigeria dan Chad, selama ini kerap menjadi target serangan kelompok ekstremis Boko Haram sejak 2015. Berdasarkan data Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Oktober 2019, Diffa menampung 119 ribu pengungsi Nigeria dan 139 ribu warga lokal. 

    Penyaluran bantuan terbaru di Diffa berasal dari Babagana Umara Zulum, Gubernur negara bagian Borno di Nigeria.

    Ia sengaja datang dari Nigeria untuk mengunjungi sejumlah kamp pengungsi. Saat insiden terinjak-injak terjadi, Zulum sudah meninggalkan Niger.

    Bantuan yang diberikan Zulum meliputi makanan, minyak goreng, pakaian hingga uang tunai. "Ribuan orang berkumpul di pusat kebudayaan dan sekitarnya (untuk menerima bantuan," ucap seorang pegawai pemerintah setempat kepada AFP.

    "Saat gelombang pertama menerima bantuan, massa mulai bergerak bersamaan dan saling dorong. Panitia acara kerepotan menangani kericuhan tersebut," sambung dia.

     "Ribuan orang, sebagian besar dari mereka pengungsi, telah mendengar mengenai bantuan ini dan meninggalkan kamp mereka," tutur Lemine. Ia mengklaim bahwa penyaluran bantuan sebelumnya, yakni pada Minggu 16 Februari, berlangsung sukses tanpa insiden.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id