Indonesia Role Model Palestina dalam Menata Pemerintahan

    Desi Angriani - 27 Maret 2019 12:22 WIB
    Indonesia <i>Role Model</i> Palestina dalam Menata Pemerintahan
    Nida Salamah anggap pelatihan pengembangan kapasitas pemerintah sangat dibutuhkan oleh Palestina. (Foto: Desi Angriani).
    Amman: Indonesia terus memberikan berbagai pelatihan pengembangan dan pembangunan kapasitas di berbagai bidang kepada Palestina. Hal ini demi mewujudkan kemandirian Palestina dalam membangun negaranya.

    Baca juga: Indonesia Beri Pelatihan Manajemen Ekonomi Makro untuk Palestina.

    Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun mengatakan Indonesia sejak lama telah menjadi role model bagi Palestina. Karena itu, pihaknya ingin terus belajar menata pemerintahan dari Indonesia.

    "Indonesia bukan hanya sahabat, tapi saudara bagi Palestina. Dengan dukungan Indonesia, kami yakin dapat belajar menjalankan pemerintahan, saat ini pemerintah Palestina sudah ada, namun saat benar-benar sudah merdeka kami akan lebih siap menjalankan pemerintahan sebagai bangsa dan negara yang merdeka," kata Al Shun di Amman, Yordania, Selasa 26 Maret 2019.

    Koordinator Uni Eropa Wilayah Palestina Nida Salamah menambahkan pelatihan pengembangan kapasitas pemerintah di bidang makroekonomi dan kebijakan fiskal sangat dibutuhkan oleh Palestina. Ia berharap Indonesia terus melanjutkan dukungan ke Palestina khususnya dalam bantuan teknis berupa pengembangan kapasitas.

    "Saya berterima kasih ke Pemerintah Indonesia untuk memberikan dukungan teknik, keuangan dan politik, dan saya harap masyarakat Indonesia terus melanjutkan dukungan dalam bentuk bantuan teknis di mana kita butuh untuk memperluas kapasitas pembangunan pemerintah dalam pengadaan barang dan kebijakan fiskal," ungkapnya.

    Selain itu, Staf Kementerian Ekonomi National Palestina Isra Milham mengungkapkan pelatihan yang diberikan oleh Indonesia selama ini berhasil meningkatkan perbaikan di sistem pemerintahan Palestina. Apalagi pelatihan manajemen ekonomi dan kebijakan fiskal yang teranyar akan mendorong perbaikan di bidang ekonomi.

    "Banyak pelatihan yang bisa diambil untuk meningkatkan sistem keuangan di Palestina. Pengalaman yang bagus dari Indonesia dan banyak kepentingan multilateral dan mutual yang bisa ditingkatkan," ujar Isra.

    Ia menambahkan berkat bantuan dan dukungan selama ini, Indonesia begitu populer di mata Warga Palestina. Isra berharap hubungan yang sudah terjalin erat tersebut dapat ditingkatkan dan memberikan keuntungan bagi kedua negara.

    "Indonesia sangat populer di seluruh Palestina dan warga Palestina mencintai masyarakat Indonesia. Dan Indonesia adalah saudara kembar dari Palestina dan hubungan yang indah keduanya dan kita berharap hubungan ini berlanjut di segala bidang," pungkasnya.

    Pemerintah Indonesia sebelumnya kembali memberikan pelatihan di bidang tata pemerintahan yang baik (good governance) bagi Palestina. Pelatihan kali ini mengangkat tema manajemen makroekonomi dan kebijakan fiskal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Serta berbagi pengalaman Indonesia untuk mencapai lembaga pemerintah yang bertanggung jawab.

    Workshop tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, bekerja sama dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Badan Kebijakan Pengadaan Pemerintah Republik Indonesia, serta Kedutaan Besar Republik Indonesia. 

    Kedua lokakarya ini digelar di Amman, Yordania dan diikuti oleh lebih dari 100 anggota dari pejabat/staf kementerian dan lembaga pemerintahan di Palestina dan Yordania.

    Tenaga ahli untuk mengisi materi kedua pelatihan ini berasal dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan dari Kementerian Keuangan.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id