Gencatan Senjata di Gaza Disepakati

    Fajar Nugraha - 14 November 2019 12:58 WIB
    Gencatan Senjata di Gaza Disepakati
    Tank militer Israel yang berada di perbatasan Gaza. Foto: AFP
    Kairo: Perjanjian gencatan senjata di Gaza dikabarkan telah disepakati dan mulai berlaku pada jam 5:30 pagi pada Kamis waktu setempat. Kesepakatan ini dipastikan oleh sumber dari Mesir dan seorang pejabat senior Jihad Islam.

    "Perjanjian gencatan senjata disepakati sebagai hasil dari upaya Mesir dan telah disahkan oleh faksi-faksi Palestina termasuk Jihad Islam," kata pejabat tinggi Mesir itu, seperti dikutip AFP, Kamis, 14 November 2019.

    Sebuah sumber Jihad Islam mengonfirmasi perjanjian itu dengan AFP.

    Kelompok pejuang Palestina Jihad Islam dan Israel terlibat baku tempur. Keduanya saling melepaskan rudal dan roket, setelah pasukan Israel membunuh komandan senior organisasi itu, Baha Abu al-Atta.

    Jihad Islam telah menawarkan persyaratan pada Rabu untuk gencatan senjata Gaza yang dimediasi Mesir dengan Israel. Mereka mengatakan bahwa jika ini tidak dipenuhi, maka dapat melanjutkan serangan lintas perbatasan tanpa ampun.

    Pemerintah Israel menuduh al-Atta sebagai otak dan perencanaan serangan terhadap Israel. Jihad Islam dituduh melakukan serangan roket dan drone masa lalu terhadap Israel.

    “Serangan udara yang dilakukan Israel sudah menewaskan 32 orang warga Palestina. Terbaru, serangan tersebut menewaskan satu keluarga yang berjumlah enam orang,” ujar petugas medis di Palestina.

    Tidak ada warga Israel yang terbunuh dalam pertarungan terbaru. Jalur Gaza, tempat Jihad Islam dan kelompok pejuang Palestina lainnya bertahan, tetap diblokade dari udara, laut, dan darat oleh militer Israel.

    Hamas dan Israel terlibat tiga perang di wilayah itu antara 2008-2014. Sejak Maret 2018, Palestina telah berkumpul untuk demonstrasi mingguan di perbatasan antara Gaza dan Israel, dengan sedikitnya 309 tewas akibat tembakan penembak jitu.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id