Pasangan Presiden Nikaragua dan Istri Diprediksi Menangi Pemilu

    Eko Nordiansyah - 07 November 2016 00:46 WIB
    Pasangan Presiden Nikaragua dan Istri Diprediksi Menangi Pemilu
    Presiden Nikaragua Daniel Ortega (kiri) dan istrinya, Rosario Murillo. (Foto: AFP)
    medcom.id, Nikaragua: Presiden Nikaragua diperkirakan akan memenangkan pemilihan umum di negara tersebut untuk ketiga kalinya. Uniknya pada pemilu kali ini Ortega berpasangan dengan Rosario Murillo, yang merupakan istrinya.

    "Praktik pasangan dalam kekuasaan tidak eksklusif di Nikaragua," ujar seorang ahli Nikaragua dan profesor di Quintana Roo University Meksiko, Veronica Rueda Estrada, dikutip dari AFP, Senin (7/11/2016).
    Rueda mengatakan pemilu AS membayangi jika perhatian internasional ke Nikaragua akan berkurang. Meski begitu, pemilu AS yang usai pada Selasa akan mengalihkan perhatian ke Nikaragua terlebih ketika negara itu menghadapi tantangan, terutama penguapan kredit dari Venezuela.

    Sebuah jajak pendapat oleh perusahaan survei Nikaragua mengatakan, Ortega memiliki 70 persen dukungan, dan partisipasi pemilih diperkirakan pada 75 persen. Sebuah survei oleh konsultan CID menyebut Ortega unggul dengan 52 persen dari 58 persen jumlah pemilih.

    Ortega telah menjabat dua periode berturut-turut sejak tahun 2007. Sebelumnya dirinya sempat memipin antara tahun 1985 dan 1990, ketika Sandinista menang dari sebuah revolusi yang menggulingkan dinasti diktator.

    Sementara istrinya, Murillo, 65, sudah mengisi peran penting sebagai juru bicara pemerintah nya. Dengan Ortega yang semakin enggan untuk membuat penampilan publik, Murillo semakin sering tampil untuk mewakili pemerintah.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id