PBB Serukan Cabut Pembatasan Gerak Diplomat Iran

    Marcheilla Ariesta - 19 Desember 2019 10:00 WIB
    PBB Serukan Cabut Pembatasan Gerak Diplomat Iran
    Presiden Iran Hassan Rouhani (tengah) di PBB. (Foto: AFP).
    New York: Majelis Umum PBB meminta Amerika Serikat (AS) mencabut pembatasan terhadap diplomat Iran. Mereka juga mengutuk penolakan visa untuk diplomat Rusia.

    Sejak pertengahan tahun ini, para diplomat dan menteri Iran berada di bawah pembatasan gerakan yang ketat ketika berada di AS. Ruang gerak mereka hanya sebatas markas PBB di New York, kantor misi Iran, dan kediaman duta besar.

    Resolusi PBB ini diusulkan oleh Siprus dengan nama Bulgaria, Kanada, Kosta Rika, dan Pantai Gading. Resolusi disetujui melalui konsensus tanpa pemungutan suara.

    Resolusi ini tidak sama seperti yang disahkan Dewan Keamanan. Artinya, tidak mengikat namun tetap memiliki bobot politik.

    "Tanpa menyebut nama negara-negara tertentu, teks tersebut ditujukan pada pembatasan yang diberlakukan terhadap Iran, serta penolakan visa delegasi Rusia selama Sidang Umum September lalu," ujar para diplomat, dilansir dari AFP, Kamis 19 Desember 2019.

    Resolusi ini mengatakan PBB mendesak negara tuan rumah untuk menghapus semua pembatasn perjalanan yang diberlakukan pada staf misi tertentu dan anggota staf sekretariat kebangsaat tertentu.

    "PBB menganggap serius pembatasan perjalanan dan argumen 'dua misi' yang mengatakan mereka terhalang dalam menjalankan fungsinya," kata teks tersebut.

    Ketegangan antara AS dan Iran meningkat sejak Mei tahun lalu. Kala itu, Presiden AS Donald Trump membatalkan perjanjian kesepakatan nuklir 2015 dengan Iran.

    Padahal perjanjian tersebut bertujuan untuk mengekang program nuklirnya. Selain itu, AS juga kembali menerapkan sanksi pada Iran.

    Pada September lalu, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengeluh dia tidak dapat mengunjungi duta besar negara PBB di rumah sakit AS.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id